ANALISIS KALIMAT EFEKTIF PADA TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MEDAN

Esra Perangin-angin, Manna Uli Sibuea, Maya Angelia, Sri Dinanta Beru Ginting

Abstract


Penelitian ini menganalisis kalimat efektif pada teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Medan. Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan pikiran atau gagasan penulisnya sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh pembaca. Kalimat efektif mampu membuat pendengar atau pembaca memahami dan memaknai apa yang dimaksud penulis dalam menyampaikan informasinya. Adapun tujuan untuk mengetahui kalimat efektif pada teks berita serta memahami bentuk atau wujud kalimat efektif pada teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan model Milles dan Humberman model analisis interaktif mempunyai 3 komponen reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (drawing and verifying conclusions). Data penelitian ini adalah kesalahan kalimat efektif pada teks berita.  Sumber data penelitian ini adalah teks berita siswa. Hasil penelitian yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan kalimat efektif pada teks berita siswa belum mengarah pada keefektifan kalimat, karena syarat untuk mencapai kalimat efektif belum terpenuhi. Dari dua puluh sembilan teks berita siswa ditemukan banyak kesalahan, yaitu ditemukan empat kesalahan pada aspek kesepadanan dan kesatuan, empat kesalahan pada aspek kesejajaran (paralelisme), lima kesalahan pada aspek penekanan dalam kalimat, dan enam belas kesalahan pada aspek kehematan.


Full Text:

PDF

References


Ariyanti, Riri. 2019. Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Baca, dan Penulisan Kata pada Koran Mercusuar. Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tadulako.

Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (Edisi Kedua). Jakarta: Kencana.

Chaer, A. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, M. S. (2017). “Keefektifan Kalimat Pada Teks Berita Hasil Karya Siswa Kelas VIII MtsNegeriJeketro”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: Universitas NegeriSemarang.

H.B., Sutopo. 2002. Metode penelitian kualitatif . UNS Press, Solo.

Julianus, J., Simanjuntak, H., & Seli, S. (2021). Analisis Kesalahan Ejaan, Diksi, dan Kalimat Efektif dalam Penulisan Surat Dinas di Kantor Desa Kiung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(3).

Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Prima Gusti Yanti. 2017. Bahasa Indonesia Konsep Dasar dan Penerapan. Jakarta: PT Grosindo.

Sakhiyyah, N. M. N. Analisis Kesalahan Kalimat Efektif pada Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII MTsN 6 Karawang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wahyu, R., Syamsuddin, S., & Harisah, S. (2017). Analisis Kesalahan Kalimat Efektif Ditinjau dari Segi Kehematan dan Kelogisan pada Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala. BAHASANTODEA, 5(3), 13-20.

Wibowo, W. (2011). Cara cerdas menulis. Penerbit Buku Kompas




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i1.3515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING