Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level pada Materi Penulisan Surat Resmi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan TaRL pada materi penulisan surat resmi mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dan mendeskripsikan kekurangan penerapan pendekatan TaRL kurikulum Merdeka Belajar pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Pada penelitian penerapan pendekatan TaRL pada materi penulisan surat resmi mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta terdapat manfaat teoritis sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya dan sebagai landasar teori penerapan pendekatan TaRL. Penelitian ini mempunyai manfaat praktis sebagai landasan teori untuk memcahkan suatu masalah yang berkaiatan dengan penelitian pendekatan TaRL. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta pada materi penulisan surat resmi mata pelajaran Bahasa Indonesia yang signifikan. Penerapan pendekatan TaRL pada materi penulisan surat resmi mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta sangat efektif dilakukan. Pada dasarnya setiap peserta didik mempunyai kemampuan awal yang berbeda-beda sehingga dibutuhkan penerapan pendekatan TaRL sebagai salah satu solusi meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Bahasa Indonesia, Surat Resmi, TaRL
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ananda, Rusydi., Tien Rafida., Syahrum. 2015. “Penelitian Tindakan Kelas”. Bandung: Citapustaka Media.
Chakrabarti, R., Prakash, K. S., & Arora, M. (2018). Intervention 1 : Teaching at the right level Description of intervention. Copenhagen: Copenhagen Consensus Center.
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya”. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1780-1793.
Fitra, D. K. (2022). “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa”. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.
Hasanah, Niswatul. 2018. “Analisis Kesalahan Gramatikal Bahasa Indonesia dalam Surat Resmi di Kantor Desa Mamben Lauk”. Prasasti: Journal of Linguistics, 3 (1), 98-112.
Herawati, Lilik., dan Indrya Mulyaningsih. 2019. “Penggunaan Bahasa Indonesia pada Surat Resmi di Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon”. Indonesian Language education and Literature, 5 (1), 114-124.
Jauhari Tanthowi., Abdul Haris Rosyidi., Amik Sunarlijah. 2023. “Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik”. PTK dan Pendidikan, 9 (1), 59-74.
Marisa, M. (2021). “Inovasi Kurikulum "Merdeka Belajar" di Era Society 5.0”. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 66-78.
Marlina. (2019). “Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif”’. 1–58.
Mulyani, Saufha., Neneng Sri Wulandari., Ida Sumiati. 2023. “Peningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik dengan Metode AdaBta melalui Pendekatan TaRL di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 3 (2), 135-152.
Nachandiya, N., James, B. H., Abdullahi, H., & Jutum, J. I. (2022). Impacts of Teaching at the Right Level (TaRL) Approach on Literacy and Numeracy Performance of Pupils in Adamawa State. European Modern Studies Journal, 6(3), 380–398.
Ningrum, Melinda Cahya., Budi Juwono., Imam Sucahyo. 2023. “Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika”, PENDIPA Journal of Science Education, 7 (1), 94-99.
Patilima, S. (2021). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar "Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0" (hal. 228-236). Gorontalo : Pendidikan dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Sani, R.A dan Sudiran. Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.
Sanisah, Siti., Edi., Mas’ad., Linda Ayu Darmutika., Arif. 2023. ”Pendampingan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Murid”. JCES (Journal of Character Education Society), 6 (2), 440-453.
Saputro, Eko Wahyu., Ani Rakhmawati., Reni Sunarso. 2014. “Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta”. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2 (1).
Saragih, Desi Karolina. 2022. “Dampak Perkembangan Bahasa Asing terhadap Bahasa Indonesia di Era Globalisasi”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (1), 2569-2577.
Sudaryanto. 2015. “Metode dan Aneka Analisis Bahasa”. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Suharyani., N. K. A. S., & Farida. H. A. (2023). “Impementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak”. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8 (2) 470- 479.
Susanti, dkk. (2022). “Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta: Kemdikbud.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v3i2.3460
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.