Penerapan Metode Tutor Sebaya Berbantuan Media Kahoot dalam Pembelajaran Menganalisis Struktur Teks Anekdot Peserta Didik SMA

Meika Nur Masita

Abstract


Hasil observasi yang penulis dapatkan di SMA Negeri 5 Semarang menunjukkan bahwa kemampuan menganalisis struktur teks anekdot pada peserta didik kelas X-12 belum optimal dan masih ada beberapa yang mengalami kesulitan menganalisis struktur teks anekdot.  Tujuan dilakukannya riset ini untuk memberikan pemahaman tentang manfaat penggunaan metode tutor sebaya dalam pembelajaran menganalisis struktur teks anekdot pada khususnya dan manfaat pengintegrasian teknologi ke dalam pembelajaran salah satunya dengan Kahoot. Langkah kerja dalam riset ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Proses pengambilan data penelitian melalui observasi kelas, dokumentasi, dan tes tertulis. Penelitian ini berlokasi di sekolah PPL 1 SMA Negeri 5 Semarang dengan objek penelitian peserta didik kelas X-12 berjumlah 36 peserta didik. Hasil dari penelitian ini penggunaan metode tutor sebaya bantuan media Kahoot dalam pembelajaran menganalisis struktur teks anekdot bagi peserta didik SMA menghasilkan temuan yang menarik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil tes dengan nilai rata-rata kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur teks anekdot sebesar 86. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode tutor sebaya dengan media Kahoot dapat menjadi solusi efektif dalam mengoptimalkan pembelajaran menganalisis struktur teks anekdot kelas X.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al Jumroh, S. F., Marjuki, I., & Souhoka, J. E. (2022). Pengaruh Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Sorong. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(2), 1-9. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/view/3548

Ariadi, N. M. (2022). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Struktur Teks Anekdot. Indonesian Journal of Educational Development, 3(3),447-455. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/2191

Aulia, Fadillah Tri, dan Sefi Indra Gumilar. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi Pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172-186 https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JNSI/article/view/9283

Deliani, M. S. (2017). Pengaruh Model Visual, Auditory, Khinesthetic Fleming Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMK Pab 3 Medan Estate. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 8-17. https://jurnaltest.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/720

Ermiati, L., Zuhriawan, M. Q., & Roziqin, M. K. (2024). Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMP N 2 Sumobito. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(2), 569-579 https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan/article/view/854

Fauzy, Ahmad., dkk (2022). Metodologi Penelitian. Banyumas: CV. Pena Persada

Faznur, L S., Khaerunnisa, K., & Sumardi, A. (2020). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Gru SMA di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), 39-44. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JPMT/article/view/617

Jediut, M., & Madu, F. J. (2021). Penggunaan Metode Tutor Sebaya Dalam Membantu Peserta Didik Yang Berkemampuan Rendah Pada Tingkat Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 134-140. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/859

Mamonto, N., Umar, F. A., & Kadir, H. (2021). Penggunaan Media Kahoot dalam Penilaian Pembelajaran Mengevaluasi Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Suwawa. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 2(1). https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjll/article/view/10103

Olamsyah, N. K., Suntoko, S., & Rosalina, S. (2024). Kefektivitasan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMK PGRI 2 Karawang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 6849-6862. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8670

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Susanti, Y. E. (2023). Penggunaan Metode Tutorial Sebaya Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 1 Merangin. Biocolony, 6(2), 36-40 https://ojs.universitasmerangin.ac.id/index.php/biocolony/article/view/111

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Yuniarti, dkk., (2021). Project Based Learning Sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 73-81. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/17795




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i1.3455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING