Pengaruh Media Flashcard Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas V SDN 104231 Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang T.A 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh media Flashcard terhadap keterampilan membaca siswa kelas V SDN 104231 Batang Kuis Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam Penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 104231 Batang Kuis yang berjumlah 67 siswa dan sampelnya adalah kelas V-A dan kelas V-B yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16. Hasil Temuan ini menunjukkan : 1) Kemampuan membaca siswa yang sudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media Flashcard meningkat dari sebelumnya. 2) Nilai rata-rata siswa yang diperoleh lebih baik yakni mencapai 69% kategori baik dari nilai sebelum mendapat perlakuan dengan menggunakan media Flashcard yaitu 39,8% (kurang baik) 3) Terdapat pengaruh media Flashcard terhadap keterampilan membaca siswa kelas V SDN 104231 Batang Kuis T.A 2017/2018. Yakni penggunaan media Flashcard lebih meningkatkan kemampuan membaca siswa dibandingkan dengan model Konvensional. Penelitian ini memberikan kesimpulan: Baik buruknya meningkatkan kemampuan membaca siswa yang mengalami keterlambatan membaca tergantung pada baik buruknya pelaksanaan prosedur media Flashcard yang diaplikasikan oleh guru.
Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Media Flashcard, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFReferences
Anshori, Muslich, and Sri Iswati. 2019. “Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1 - Google Buku.” Surabaya: UNAIR.
Ansori., Imam, and Mhd Ahsanuddin. 2016. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: CV Bintang Sejaktera.
Arsyar, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Haras, Kholid A. 2013. Modul Hakikat Dan Proses Membaca. PT Remaja Rosdakarya.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.
Priyatno. 2010. Paham Analisis Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Media Com.
Rahman, Budi, and Haryanto. 2014. “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card Pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2.” Prima Edukasia 2 (2): 128.
S., Stanislaus, and Uyanto. 2009. Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2013. ProsedurPenelitian. Jakarta: RinekaCipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v3i2.3027
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.