Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan "Movie Studio" Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca di Kelas 1 SD
Abstract
Artikel ini membahas pengembangan media video animasi menggunakan movie studio untuk meningkatkan keterampilan membaca di kelas 1 SD. Tujuan dari artikel ini yaitu membahas tentang: (1) proses pengembangan media movie studio untuk meningkatkan keterampilan membaca di kelas 1 SD; dan (2) kelayakan media video animasi untuk meningkatkan keterampilan membaca di kelas 1 SD. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan model Thiagarajan dkk atau model 4D. Subjek penelitian terdiri atas tiga orang validator ahli media dan materi bahasa Indonesia. Objek penelitian yaitu media berbasis video animasi menggunakan “Movie Studio” untuk meningkatkan keterampilan membaca pada materi Bunyi Apa?. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: lembar angket validator dan teknik analisis data menggunakan statistic deksriptif rumus presentase rerata skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan berbentuk media video animasi pada materi Bunyi Apa? dengan keterampilan membaca. Media “Movie Studio” pada materi Bunyi Apa? yang dikembangkan terbukti sangat layak untuk digunakan oleh siswa kelas 1 untuk SD. Penelitian ini merekomendasikan guru untuk menggunakan media video animasi yaitu Movie Studio dan juga menyarankan agar mengembangkan media yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Maisarah. Lubis, A, A. dkk. 2021. Pengembangan Media Pop-Up Pada Materi Puisi Untuk Siswa Kelas VIII SMP. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia). 164-170. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/issue/view/91
Maisarah. Lestari, A, T. Sakulpilmorat, S. 2022. Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia). 66-69. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/issue/view/112
Rahmi, P. dkk. 2022. Pengembangan APE Rolling Box Berbasis Permainan Tebak Gambar Terhadap Kemampuan Bahasa Anak. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia). 2-3. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/issue/view/112
Purwani, R. 2020. PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS KARAKTER UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA SD KELAS IV. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 181-185. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/issue/view/512
Zaenuri, M. Yuniawan, T. 2018. PENGEMBANGAN LAMAN AUDIOVISUAL BERMUATAN MATERI KEBUDAYAAN INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 61-63. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/20637
Darmawati. 2022. KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA TK B DI TKIT HARITH FOUNDATION KOTA PALOPO. BAHTERA INDONESIA: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 602-603. https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/286
Kholila, I. dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video. MORAREF, Algebra. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains. 67-71. https://moraref.kemenag.go.id/documents/article/99551396596027350
Putra, S, Y. dkk. 2022. Pengembangan Media Audio Visual Untuk Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. DISASTRA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 199-202. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/disastra/issue/view/534
Alwanny, H. dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Teks Cerita Ulang Bermuatan Tokoh Lokal Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Dialektika. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 172-189. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika/issue/view/1161
Handini, A. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran Membaca Teks Berita Bagi Siswa SMP Kelas VIII. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. 233-238. http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo/article/view/8387/6818
Amil, J, A. dkk. 2021. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BERBASIS ANDROID POKOK PEMBAHASAN LEGENDA DESA-DESA DI MADURA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI SE-KABUPATEN BANGKALAN. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. 51-54. http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo/article/view/9359/8331
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v3i2.2652
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.