Analisis Metode Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama

Kusmadi Sitohang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan guru bahasa Indonesia ditingkat SMP dalam aspek menulis dan mendeskripsikan pemahaman guru bahasa Indonesia dalam mengimplementasikan metode tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 orang guru bahasa Indonesia yang mengajar di SMP. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara berikut ini. (1) Mewawancarai dan meminta dokumentasi berupa RPP kepada 3 orang guru bahasa Indonesia di SMP; (2) Menandai hasil wawancara dan bagian RPP yang berkaitan dengan data penelitian; (3) Menginventarisasi data-data tersebut ke dalam pedoman analisis data. Jadi, hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. (1) Metode pembelajaran yang pernah digunakan guru bahasa Indonesia SMP adalah metode inkuiri, games, jigsau, pengamatan langsung, problem solving, diskusi, penugasan, dan santifik. Dari delapan metode yang digunakan, terdapat 2 metode yang paling disenangi oleh semua siswa, yaitu metode pengamatan langsung dan games. (2) Secara umum pemahaman guru bahasa Indonesia di SMP terhadap penggunaan motode pembelajaran berada pada kategori cukup.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmadi, A. (1997). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ali, M. D. (2007). Pengantar ilmu hukum dan tata hukum Islam Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bahri, S dan Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Jakrta: Rineka Cipta.

Hasan, H. (2015). Kendala yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Jurnal pesona dasar, Vol. 1 No. 4, 2015,hlm. 40—51. ISSN:2337-9227. Pendidikan Guru ekolah Dasar: Universitas Syah Kuala.

Mardalis. (2009). Metode penelitian pendekatan proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Phungsuk, R, Viriyavejakul, C, dan Ratanaolarn, T.(2017).The development of learning models based issue through the learning virtual. Jurnal ScienceDirect Ilmu Sosial Kasetsart. Thailand:Fakultas Pendidikan Industri, Institut Teknologi King Mongkut, Ladkrabang, Bangkok 10520.

Rofi’uddin, A. (2003). Rancangan penelitian pengajaran bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metode statistik. Bandung: Transito.

Sutikno, S. (2014). Metode& model-model pembelajaran menjadikan proses pembelajaran lebih variatif, aktif, inovatif, efektif, dan menyenangkan. Lombok: Holistica.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Surabaya: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v2i2.2074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING