Pengaruh Permainan Congklak dan Gatheng Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini di RA Khairu Ummah

Yusnaili Budianti, Enny Nazrah Pulungan, Indah Nuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan congklak dan gatheng terhadap kecerdasan logika matematika anak usia dini di RA Khairu Ummah. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif Pre-Experimental Design. Sampel pada penelitian ini yaitu 30 orang anak yang terdistribusi pada dua kelas, yaitu kelas Matahari yang menggunakan permainan congklak dan kelas Melati yang menggunakan permainan gatheng. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi terstrukur. Teknik analisi data yang digunakan yaitu uji hipotesis menggunakan rumus uji-t, dan uji prasyarat analisis menggunakan rumus uji normalitas liliefors dan uji homogenitas fisher. Penelitian ini membuktikan bahwa: (1) ada pengaruh permainan congklak terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di RA Khairu Ummah; (2) ada pengaruh permainan gatheng terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di RA Khairu Ummah; dan (3) terdapat perbedaan pengaruh antara permainan congklak dengan permainan gatheng terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di RA Khairu Ummah.


Full Text:

PDF

References


Maisarah. (2016). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Hands-On Mathematics dan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Relasional dan Mathematics Anxiety Siswa SDIT Khairul Imam. Universitas Negeri Medan.

Maisarah. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Medan: Akasha Sakti.

Miswara, A., Wiyono, J., & Ariani, N. L. (2018). Pengaruh Permainan Congklak Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-6 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan 02 Malang. Jurnal Nursing News, 3(1).

Niyati, M. D., Kurniah, N., & Syam, N. (2016). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Melalui Permainan Tradisional Congklak. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2).

Ramadhani, D., Fakhriah, & Yuhasriati. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Logis Matematis Anak Melalui Permainan Congklak Angka di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Penddiikan Anak Usia Dini, 3(4).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif dan RnD. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.