Pengaruh Metode Latihan Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Mushtofawiyah

Yusnaili Budianti, Uki Putriani, Sri Wahyuni

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah belum tercapainya aspek perkembangan nilai agama dan moral Anak sesuai kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode latihan (drill) terhadap perkembangan nilai agama dan moral Anak usia 5-6 tahun di RA Al-mushthofawiyah tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini sebanyak 28 anak dari kelas b yang terdiri dari 2 kelas (masing-masing 14 anak). Sampel diambil dengan teknik boring sampling/total sampling yakni keseluruhan jumlah populasi yang berjumlah 28 orang anak dari 2 kelas. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan metode latihan (drill) terhadap perkembangan nilai agama dan moral Anak usia 5-6 tahun di RA Al-mushthofawiyah tahun ajaran 2019/2020. Dengan demikian, disarankan kepada guru untuk menggunakan metode latihan (drill) jika ingin mengembangkan aspek nilai agama dan moral pada anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Apriyani, H., Endang, B., & Yusuf, A. (2016). Penerapan Metode Drill Dalam Pengucapan Do’a Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Harapan Indah Pontianak. Jurnal Paud, 1.

Ardy Wiyani, N. (2017). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Hakim, A. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral di Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Islam2, 5(1).

Halmar, M. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Unissula Press.

Hasrawati, & Ibrahim, H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Penerapan Metode Drill Pada Kelompok B TK Islam Kemaraya Kendari. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 1.

Khadijah. (2016). Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.

Kusuma, M. P., Kurniah, N., & Delrefi, D. (2016). Penerapan Metode latihan (drill) Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Ketepatan Gerakan Sholat. Jurnal Ilmiah Potensia, 1.

Maisarah. (2019a). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Medan: Akasha Sakti.

Maisarah. (2019b). Statistik Pendidikan. In Akasha Sakti: Medan.

Rahman, U. (2019). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 12.

Tambak, S. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Hikmah, 13(2).

Usman, M. B. (2012). Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Padang: Ciputat Press.

Wahyudin, A., & Agustin, M. (2012). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditima.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i2.781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.