Peningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Bermain Games Di Lapangan Pada Santri Ra Albanatu Sholiha Medan Labuhan

Latifa Anum Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui bermain games di lapangan pada santri RA. Al-Banatu Sholiha Medan Labuhan. Penelitian dilakukan pada bulan Juli hingga September 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif karena adanya kerjasama dengan guru kelas.  Subjek penelitian ini adalah santri RA. Al-Banatu Sholiha Medan Labuhan kelas B.3 (6 laki-laki, 12 perempuan). Teknik pengumpulan data dengan mengobservasi anak yang dilakukan pada saat pra siklus dan 3 kali siklus. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil peneltian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Hasil observasi atau pengamatan pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata persentase kemampuan motorik kasar anak sebesar 13.9%, siklus pertama sebesar 32.4%, siklus kedua sebesar 57.4% dan siklus ketiga sebesar 88.8%. Secara keseluruhan disimpulkan bermain games di lapangan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada santri RA. Al-Banatu Sholiha Medan Labuhan.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2006. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Dirjen Dasar Menengah

Ancok, D. (2002). Outbound manajemen training. Yogyakarta: UII Press.

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Bjartveit, C. (2017). Transforming early childhood educators ’ conceptions of “ dark play ” and popular culture. Contemporary Issues in Early Childhood, 18(2), 114–126.

Gonzalez, SL., Alvarez, V., Nelson, E.L. Do Gross and Fine Motor Skills Differentially Contribute to Language Outcomes? A Systematic Review. Front. Psychol. 10, 2019 :2670

Nur, L., Edi, H. M. Muhammad, A.P. Permainan Bola Kecil untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Kelompok B di Tk Pertiwi DWP Kota Tasikmalaya Jurnal PAUD Agapedia, Vol.1 (1), 2017: 53-65. ISSN: 2580-9679 (online); 2581-2823 (print).

Ramdani, Luthfi & Azizah, Nur. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4. 494. 10.31004/obsesi.v4i1.407.

Rimm, Sylvia. 2005. Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Suherman dan Sutyowati. 2005. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Media Group.

Sujiono, B., & Sujiono, Y. N. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Utami, Munandar. 2011. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Yosinta, S.I., M. Nasirun., Norman, S. Meningkatkan Motorik Kasar melalui Permainan Tradisional Lompat Kodok. Jurnal Ilmiah Potensia, 2016, Vol. 1 (1), 56-60




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i2.702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.