Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tematik Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Barkah Cinta Rakyat

Humaidah Br Hasibuan, Wahyu Riski Ramadhani, Zulfahmi Lubis

Abstract


Perkembangan sosial sangatlah penting karena mempengaruhi kehidupannya di masa datang. Perkembangan sosial berarti perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial. Namun kenyataan yang ditemukan di RA Al-Barkah Cinta Rakyat bahwa rata-rata perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun masih tergolong rendah. Oleh karena itu, pada penelitian ini diterapkan pembelajaran tematik dan diukur pengaruhnya terhadap perkembangan sosial anak. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini berjumlah 40 orang anak usia 5-6 tahun. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh pembelajaran tematik terhadap perkembangan sosial; (2) ada pengaruh metode pemberian tugas terhadap perkembangan sosial; dan (3) ada perbedaan pengaruh pembelajaran tematik dengan metode pemberian tugas terhadap perkembangan sosial. Hasil penelitian ini juga merekomendasikan agar guru menerapkan pembelajaran tematik daripada pemberian tugas.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Managemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Jiwa, I.W., Dantes, N., Marhaeni, A.A.I.N. Pengaruh Imlementasi Pembelajaran Tematik Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Siswa Pada Siswa Kelas IV Gugus Empat Di Kecamatan Gianyar e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Volume 3 Tahun 2013)

Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014, Al-Qur’andan Terjemahnya AR-RAZZAK Al-Qur’anul Karim,Jakarta: Pustaka Jaya Ilmu

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor: 3489 Tahun 2016, Kurikulum RA TentangLandasanHukum,.

Maisarah. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Medan: Akasha Sakti.

Syaikh Muhammad Ali Ash-shabuni. 2011. Shafwatut Tafasir tafsir-tafsir pilihan jilid 1 Al-Baqarah- An-Nisaa. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.