Perbandingan Peningkatan Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script dan Make a Match

Tengku Sri Ulandari, Husnarika Febriani, Khairuna Khairuna

Abstract


Dalam proses pembelajaran, seorang pendidik seharusnya menggunakan model pembelajaran yang beragam dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Model pembelajaran memiliki peran penting dalam kegiatan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dan make a match pada materi sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-6 yang terdiri dari 25 siswa dan VIII-7 yang terdiri dari 25 siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script diterapkan pada kelas VIII-6 dan model pembelajaran kooperatif tipe make a match diterapkan pada kelas VIII-7. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 4 cara yaitu; (1) tes (2) pengamatan (3) wawancara (4) dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis tingkat ketuntasan belajar, sedangkan analisis data kualitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match memiliki peningkatan ketuntasan belajar klasikal yang lebih tinggi yaitu pada tahap pratindakan: 16%, siklus I: 32% dan siklus II: 92% apabila dibandingkan dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dengan jumlah pada tahap pratindakan: 12%, siklus I: 28% dan siklus II: 92%. Saran untuk peneliti lain agar dapat melakukan perbandingan terhadap salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini dengan berbagai model pembelajaran lainnya. Diharapkan agar pengetahuan terhadap berbagai perbandingan model pembelajaran dalam jenis penelitian tindakan kelas terus berkembang.

Keywords


Cooperative Script; Hasil Belajar; Make A Match; Model Pembelajaran Kooperatif

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Yrama Widya.

Khotimah, H. (2020). Meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi story board pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nurul Himkah Tinjoan, [Skripsi]. UIN Sumatera Utara.

Juhji. (2017). Model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran IPA. Jurnal Primary, 9(1), 9-16.

Muslich, M. (2011). Melaksanakan PTK itu mudah (classroom action research); Pedoman praktis bagi guru profesional. PT Bumi Aksara.

Nur, K. E & Dede, N. (2018). Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 159- 164.

Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap kemandirian belajar dan peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematik peserta didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 68-77.

Rozi, F., Harmoko & Ferty L T. (2018). Model cooperative script terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains (Bioedusains), 1(1), 23-33.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana.

Setyaningsih. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 006 Tri Mulya Jaya Kecamatan Ukui. Jurnal Primary, 5(3), 317-330.

Sirait, M., & Noer, P. A. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa. INPAFI, 1(3), 252-259.

Siwi, P & Nuraini, D. (2020). Efektivitas model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Karangploso. Jurnal Taman Cendekia, 4(1), 445-451.

Soiman. (2018). Metode Pendidikan Rasulullah SAW: Tela’ah Kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim. Perdana Publishing.

Sugiono. (2010). Metode Peneltian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Trianto. (2013). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Kencana Prenada Media Group.

Wijanarko, Y. (2017). Model pembelajaran make a match untuk pembelajaran IPA yang menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 1(1), 52-59.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v4i1.966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi

indexed by :