EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH NEGERI MEDAN

Ifrah Syahmina, Indayana Febriani Tanjung, Rohani Rohani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta efektivitas pembelajaran biologi pada masa pandemi COVID-19 di MAN 1 Medan. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penghambat pembelajaran dari rumah pada mata pelajaran biologi adalah jaringan internet, ketidakhadiran siswa saat daring, kondisi ekonomi siswa, dan kepemilikian gadget ataupun laptop. Adapun faktor yang mendukung adalah teknologi, tempat belajar sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19, sumber belajar, media belajar yang memadai, rancangan pelaksanaan pembelajaran daring yang dirancang oleh guru, sikap antusias siswa dalam menuntut ilmu, dan sarana prasarana yang memadai. Kesimpulannya bahwa pelaksanaan pembelajaran dari rumah pada mata pelajaran biologi yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan berjalan dengan efektif sesuai dengan aturan pemerintah melalui Surat Edaran No.15 Tahun 2020.

Keywords


Efektivitas Belajar; Pembelajaran dari Rumah; Pandemi COVID-19

Full Text:

PDF

References


Abi, Mustofa Hamid. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Tik Pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37-46.

Ananda, Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPI.

Artikawati, Rinta. (2016). Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(11).

Aslami, Nuri. (2020). Potensi E-Learning Melalui Sistem Kuliah Online dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Prodi Manajemen. Skripsi. Medan: UIN Sumatera Utara.

Budiman, Haris. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).

Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Banjarmasin: Laksita Indonesia.

Emda, Amda. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Lantanida. 5(2), 93-196.

Fatmawati, Soraya. (2019). Efektivitas Forum Diskusi pada E-Learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar. Jurnal Ilmiah dan Kependidikan, 9(2), 211-216.

Feri, Lukman dan Andi Sahtiani. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Tengah Pendemi Covid-19. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra: Makassar.

Fitriani, Nety. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Thesis. Pendidikan Teknik Elektro. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.

Jaya, Farida (2019). Perencanaan Pembelajaran, Medan: UINSU.

Fathiyah Isbaniah, et.al. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Hayati, Sri. (2016). Belajar dan Pembelajaran Kooperatif Learning. Magelang: Graha Cendekia.

KEMENDIKBUD RI. “Darurat Covid-19, Mendikbud: Kesehatan Pelaku Pendidikan Jadi Prioritas Utama Pemerintah”, https//: kemdikbud.go.id, Diakses pada tanggal 20 Juli 2020.

Keputusan Bersama 4 Menteri, Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran. Jakarta: Kemdikbud.

Kuntarto, Eko. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language and Literature, 3(1 ).

Naway, Fory.A. (2016). Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing.

Nurdyansyah dan Eni Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran, Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Rigianti, Henry Aditya. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjar Negara. Jurnal Pendidikan, 7(2 ).

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Medan: UINSU.

Sadikin, Ali dan Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring pada Masa Pendemi Covid-19. Jambi: Universitas Jambi.

Safrizal et.al, (2020). Pedoman Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah, Jakarta: Tim Kerja Menteri Dalam Negeri.

Siahaan, Amiruddin dan Hidayat, R.. (2017). Konsep-Konsep Keguruan dalam Pendidikan Islam. Medan: LPPI.

Sulastri. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Powerpoint dalam Pembelajaran PAI di SMP Tunas Dharma Way Galih Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Lampung: IAIN Raden Intan.

Syafaruddin. (2019). Manajemen dan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Usiono. (2016). Pancasila dan Kewarganegaraan. Medan: Perdana Publishing.

Wachid, Nuur Abdulmajid dan Rochmah, E. (2018). Membangun virtual classroom melalui social learning networks (SLNS). Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 15–21.

Warsono, Sri. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Manajer Pendidikan, 10(5), 469-476.

Widiantono, Nugroho dan Harjono, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 199-213.

World Health Organization, “Pertanyaan dan Jawaban Terkait Corona Virus”, www. who.int. Diakses pada tanggal 20 Juli 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi

indexed by :