ESENSI GURU DALAM VISI MISI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF ISLAM

Samsul Bahri

Abstract


Tulisan ini membahas esensi guru dalam visi misi pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Metode yang digunakan adalah deskriptif-analitis dengan pendekatan sejarah dan ilmu pendidikan Islam. Studi ini menyimpulkan bahwa esensi guru pada visi misi pendidikan karakter dalam kajian Islam sangat urgen. Hal tersebut disebabkan beberapa indikator, yaitu: guru dalam kajian Islam merangkum semua aspek pendidikan karakter sebagai ustadz, mu’allim, murabbi, mursyid, mudarris, dan muaddib. Tanggung jawab pendidik bukan hanya sebatas tanggung jawab akhlak, tetapi juga rol model bagi kehidupan peserta didik, bahkan mempertanggungjawabkan atas segala tugas yang dilaksa­na­kannya kepada Allah. Guru pada pendidikan karakter dalam Islam sangat komprehensif dari apa yang dirumuskan oleh ilmuwan Barat. Guru profesional bukan hanya memiliki kompetensi akademik, pedagogi, kepribadian, dan sosial, melainkan memiliki misi pengabdian, penyucian diri, mengembangkan ilmu secara terus menerus sambil mendekatkan diri kepada Allah, senantiasa mengingatkan masyarakat dari melakukan kekeliruan, serta mampu memberikan pencerahan intelektual, moral, dan spiritual.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar, S. (2011). Revitalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Pidato Pengukuhan Guru Besar (pp. 4-6). Malang: Universitas Negeri Malang.

al-Attas, S. M. (1981). Islam and Sekularisme. Bandung: Pustaka.

Andayani, A. M. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

an-Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press.

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Azra, A. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.

Dewantara, H. H. (2012). Pendidikan Karakter; Pemberdayaan Guru Agama dalam Pembentukan Karakter Islami. Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam FIAI UII.

Dimyati. (2010). Peran Guru sebagai Model dalam Pembelajaran Karakter dan Kebajikan Moral melalui Pembelajaran Jasmani; Cakrawala Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Gafur, A. (1989). Disain Instruksional. Solo: Tiga Serangkai.

Langgulung, H. (2001). Pendidikan Islam dalam Abad 21. Jakarta: Al-Husna Zikra.

Lickona, T. (2012). Education for Charatecter, How Our Schools Can Teach Resect and Responsibility (Terj.). Jakarta: Bumi Aksara.

Manullang, P. d. (2011). Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. Jakarta: Grasindo.

Manurung, N. S. (2011). Problematika Pendidikan Islam Kontemporer. Ta'dibuna; Jurnal Pendidikan Islam, 110.

Miskawaih, I. (1934). Tahzib al-Akhlaq wa Tathir al-‘Araq. Mesir: al-Matba’ah al-Misriyah.

Muhaimin. (2003). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mujib, M. d. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam; kajian Filosofis dan kerangka Oprasional. Bandung: Trigenda Karya.

Murshafi, M. A. (2009). Bagaiman Mendidik Anak Agar Cerdas dan Berbakti. Surakarta: Ziyad Vizi Media.

Nata, A. (2012). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Grasindo.

Rais, S. H. (2002). Titik Temu dalDunia Pendidikan; Tanggung Jawab Pemerintah, Pendidik, Masyarakat, dan Keluarga dalam Membangun Bangsa. Jakarta: Nuansa Madani.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Supriyanto, E. (2004). Inovasi Pendidikan; Isu-Isu Baru Pembelajaran, Manajemen, dan Sistem Pendidikan di Indonesia. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Press.

Suwendi. (2004). Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta, : PT Rajagrafindo Persada.

Tafsir, A. (1994). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Tafsir, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thoifuri. (2007). Menjadi Guru Inisiator. Semarang: RaSAIL Media Group.

Zubaidi. (2012). Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi, dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v11i1.477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) Juni 2022 Samsul Bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.