PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN-HADIS KELAS X MA LABORATORIUM UMN AL-WASHLIYAH MEDAN

Milhan Milhan

Abstract


Metode pembelajaran Al-Qur’an-Hadis yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi, yaitu dilakukan pada kelas X MA Laboratorium UMN Al-Washliyah Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelaksanaan metode pembelajaran diskusi  dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa MA Laboratorium UMN Al-Washliyah Medan pada penguasaan materi pembelajaran Al-Qur’an-Hadis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas X MA Laboratorium UMN Al-Washliyah Medan yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode diskusi lebih baik dengan nilai rata-rata =75,7 dibandingkan dengan hasil tes awal dengan nilai rata-rata   = 60,2. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa, dimana hasil yang diperoleh thitung = 4,8 > ttabel = 1,67 hal tersebut menandakan bahwa hipotesis penelitian ini yang menyatakan bahwa metode diskusi mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah diterima pada taraf  = 0,05.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v5i1.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 TAZKIYA

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.