PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI BERBASIS NILAI-NILAI PERSAMAAN DALAM PEMAHAMAN ISLAM WASATHIYAH

Machnunah Ani Zulfah, Agus Aziz Alfariza, Ahmad Mahmudi

Abstract


Pentingnya mengembangkan nilai nilai moderalisasi beragama yang di sebut islam wasathiyah yang mempunyai unsur toleransi, keadilan, keseimbangan, persamaan, musyawarah, reformasi, mendahulukan yang penting,dinamis dan inovatif  di dalam kurikulum di indonesia yang telah di susun dalam modul dan bahan ajar yang nantinya akan di terapkan di dalam pembelajaran. model pengembangan Research and Development (R&D) menurut Model Hannafin and Peck adalah model yang berorientasi pada produk. Model ini memiliki fase yang sederhana dengan mencakup tiga tahapan. Jadi Dari hasil uji coba keefektifan penggunaan buku ajar berbasis nilai persamaan dalam konsep islam wasathiyah didapat rata-rata dari hasil pre-test yang menunjukkan kemampuan awal siswa   pada kelas XII mata pelajaran PAI sebesar 62.5. Setelah melalui kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan buku ajar PAI ini, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 91 naik 46%. Hal ini menunjukkan penggunaan media dalam pembelajaran islam wasathiyah kelas di SMKN 1 Jombang telah diterapkan secara efektif.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmadi, I. K., & Amri, S. (2014). Pengembangan dan model pembelajaran tematik integratif. Prestasi Pustaka.

Chudzaifah, I., & Hikmah, A. N. (2022). Moderasi Beragama: Urgensi Dan Kondisi Keberagamaan di Indonesia. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 49–56. https://doi.org/10.32489/alfikr.v8i1.272

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru Mengajar (1 ed.). Gava Media.

Isgandi, Y., & Prasodjo, P. (2019). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Karakter Dan Jiwa Nasionalis. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(2), 97. https://doi.org/10.17509/t.v5i2.16735

Prasetyo, Y. A. (2020). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV PADA SDN KALISEGORO SEMARANG. Yogi Agung Prasetyo.

RIA, M. S. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI BERBASIS ANDROID KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SIDOMULYO SKRIPSI. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Rumainur. (2016). Pengambangan Media Ajar Berbasis Multimedia Autoplay Studio 8 Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI MA Bilingual Batu Malang. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D (11 ed.). ALFABETA.

Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan Buku Ajar Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2), 216–229. https://doi.org/10.35316/jpii.v3i2.141




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v13i1.3482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agus Aziz Alfariza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.