MENGENAL DIRI LEWAT PENDIDIKAN ISLAM

Ahmad Ridwan, Fathul Jannah, Yulia Warda

Abstract


Penelitian ini menjelaskan peran penting pendidikan Islam dalam membentuk pemahaman diri individu dan identitas Muslim. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan individu Muslim yang telah mengikuti pendidikan Islam. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pendidikan Islam memberikan landasan moral yang kuat dalam kehidupan individu, dengan nilai-nilai seperti keadilan, kasih sayang, dan kerendahan hati menjadi inti ajaran agama. Selain itu, pendidikan Islam memengaruhi dimensi spiritual individu, menguatkan hubungan dengan Tuhan, mempromosikan kesadaran sosial, dan membentuk identitas Muslim yang kuat. Responden merasa bahwa pendidikan Islam tidak hanya membentuk karakter pribadi mereka, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk berkontribusi dalam membangun masyarakat yang adil dan harmonis. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya pendidikan Islam dalam membentuk individu yang beretika, peduli terhadap masyarakat, dan memiliki identitas yang kuat dalam konteks budaya dan agama Islam.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abidin, Z. (2010). Islam dalam Bingkai Budaya: Pandangan Fazlur Rahman. Teraju.

Noddings, N. (1984). Caring: A Feminine Approach to Ethics and Moral Education. University of California Press.

Emmons, R. A. (2000). Is Spirituality an Intelligence? Motivation, Cognition, and the Psychology of Ultimate Concern. International Journal for the Psychology of Religion, 10(1), 3-26.

Hill, P. C., & Pargament, K. I. (2003). Advances in the conceptualization and measurement of religion and spirituality: Implications for physical and mental health research. American Psychologist, 58(1), 64-74.

Katsir, I. (2006). Pembaharuan dalam Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Sarwono, S. W. (2017). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Kencana.

Nasution, H. (1992). Islam Rasional: Kritik Terhadap Tafsir Ayat-ayat Akal (1st ed.). Mizan.

Kohlberg, L. (1969). Stage and Sequence: The Cognitive-Developmental Approach to Socialization. In D. A. Goslin (Ed.), Handbook of Socialization Theory and Research (pp. 347-480). Rand McNally.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v12i2.3205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahmad Ridwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.