TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM BERDASARKAN MAQĀṢIDUS SYARĪ’AH ASY-SYĀṬIBĪ

Herman Wicaksono, Rosyida Nur Azizah

Abstract


Kekhawatiran penulis terhadap maraknya kenakalan remaja mendorong penulis untuk melakukan riset ini. Pendidikan Islam yang seharusnya menjad salah satu kontrol bagi kaum muda, ternyata belum membuahkan hasil yang signifikan. Oleh karena itu, menarik bagi penulis untuk melakukan penelusuran lebih dalam guna merumuskan tujuan pendidikan Islam yang menurut penulis ideal. Di sinilah penelitian ini mencoba mengartikulasikan tujuan pendidikan Islam berlandaskan Maqāṣidus Syarī’ah Asy-Syāṭibī. Penelitian kepustakaan ini didasarkan pada beberapa data yang berkaitan dengan topik penelitian. Data dikumpulkan kemudian diseleksi sesuai kebutuhan untuk dianalisis lebih lanjut. Penelitian yang masih tergolong langka ini mengarah pada rumusan tujuan pendidikan Islam, yang meliputi: mencetak generasi semangat beragama, penebar kasih sayang, berakal cerdan dan berintelektual tinggi, pelopor keluarga sakinah, dan generasi muslim yang mempunyai etor kerja yang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan khazanah keilmuan pendidikan Islam.


Kata kunci: tujuan pendidikan Islam, Maqāṣidus Syarī’ah Asy-Syāṭibī


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al-Bukhārī, M. bin I. (no date) ‘Al-Jāmi’ as-Ṣaḥīḥ li al-Bukhārī’, in 4. Kairo: Al-Maṭba’ah as-Salafiyyah wa Maktabatuhā.

Al-Syāṭibī, A. I. I. bin M. bin M. al-L. (1997) ‘Al-Muwāfaqāt’, in. Kairo: Dar Ibnu Affan lin Nasyr wat Tauzi’.

Arischa, S. (2019) ‘Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Pekanbaru’, Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau, 6(1).

Arum, R. (no date) Pengertian IQ, EQ, dan TQ beserta Sejarahnya. Available at: https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-iq-eq-tq/.

Bukhori Umar (2010) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Ghazaly, A. R., Ihsan, G. and Shidiq, S. (2015) Fiqh Muamalat. 4th edn. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kasdi, A. (2014) ‘Maqashid Syari’ah dan Hak Asasi Manusia’, Jurnal Penelitian, 8(2), pp. 247–268.

Kurniawan, A. and Hudafi, H. (2021) ‘KONSEP MAQASHID SYARIAH IMAM ASY-SYATIBI DALAM KITAB AL-MUWAFAQAT’, al-mabsūṭ, 15(1), pp. 29–38.

Musrifah (2018) ‘Analisis Kritis Permasalahan Pendidikan Islam Indonesia di Era Global’, Jurnal of Islamic Studies and Humanities, 1(3), pp. 67–78.

Quṭb, S. (2003) Fī Ẓilāl al-Qur’ān. Kairo: Dār asy-Surūq.

Roqib, M. (2016) Filsafat Pendidikan Islam: Pendidikan Islam Integratif dalam Perspektif Kenabian Muhammad saw. Purwokerto: Pesma An-Najah Press.

Sholihah, A. M. (2020) ‘Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter’, Qalamuna, 12(1), pp. 49–58.

Tafsir, A. (2014) Filsafat Pendidikan Islam. 6th edn. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa (2008) Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Toriquddin, M. (2014) ‘TEORI MAQÂSHID SYARÎ’AH PERSPEKTIF AL-SYATIBI’, de Jure, Jurnal Syariah dan Hukum, 6(1), pp. 33–47.

Undang-Undang Republik Indonnensia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).

Wicaksono, H. (2020) ‘Tujuan Pendidikan Islam Berbasis Mabadi Khaira Ummah’, Edukasia Islamika, 5(1), pp. 17–37. doi: https://doi.org/10.28918/jei.v5i1.2426.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v11i2.1806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Herman Wicaksono, Rosyida Nur Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.