LITERASI INFORMASI DAN KRITIS: URGENSI, PERSPEKTIF ISLAM, DAN INTEGRASI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN

HERRY MULYONO, NURHASANAH HALIM

Abstract


Pesatnya perkembangan perangkat TIK berdampak pada penyebaran informasi yang berlebihan. Sayangnya, respon dunia pendidikan khususnya sekolah masih bertumpu pada akses terhadap informasi dan kemampuan peserta didik dalam menggunakan perangkat teknologi TIK tersebut. Artikel ini membahas tentang pentingnya literasi pendidikan dan kritis, integrasi pendidikan literasi informasi dan kritis dalam kurikulum pendidikan, dan implikasinya dalam kelas pembelajaran. Artikel ini dikembangkan kedalam empat bagian. Bagian pertama berjudul Memahami literasi informasi dan kritis mempresentasikan definisi operasional dari literasi informasi dan kritis yang digunakan dalam artikel ini. Bagian kedua mendiskusikan tentang pentingnya mengenalkan dan memiliki literasi informasi dan kritis. Perspektif Islam terkait literasi informasi dan kritis disajikan dalam bagian ke-tiga. Bagian keempat fokus pada integrasi literasi informasi dan kritis.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v22i2.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.