Penerapan Media Movie Maker dalam Mengenalkan Pendidikan Seksual Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Rasyid

Nur Amina Lubis, Khadijah Khadijah, Fauziah Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan Media Movie maker untuk mengenalkan pendidikan seksual anak usia 5-6 Tahun. Penelitian memiliki rumusan masalah yaitu : Bagaimana Penerapan Media Movie maker dalam Mengenalkan pendidikan Seksual Anak usia 5-6 Tahun di TK Al rasyid. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif adalah penelitian yang mendeskripsikan suatu objek, fenomena atau latar sosial yang akan dituangkan dalam tulisan yang bersifat naratif. Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan yaitu : Bagaimana Penerapan Media Movie maker dalam mengenalkan pendidikan seksual anak usia 5-6 Tahun di TK Al-Rasyed. Ada beberapa anak yang sudah mulai mengerti tentang Pendidikan Seksual, namun ada juga yang masih kurang mengerti tentang pendidikan seksual,setelah peneliti melakukan penelitian selama beberapa hari di Taman Kanak-kanak Al Rasyid maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa semua anak hampir mengerti tentang seperti apa pendidikan seksual itu. Upaya yang dilakukan guru untuk mengajarkan pendidikan seksual pada anak melalui pengaplikasian Media Movie maker. Faktor penghambat untuk mengembangkan pendidikan seksual pada anak adalah perbedaan karakter anak dan faktor pendukungnya adalah peran orangtua dan lingkungan sekitarnya

Full Text:

PDF

References


Boyke, Sonia. 2016. Adik Bayi Datang Dari Mana ? A-Z Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Jakarta : Mizan Publika.

Ernasari, Evim 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Windows Movie Maker Terhadap Kemampuan Menganalisis Sejarah Siswa. Metro; Universitas Muhammadiyah Metro.

Hardani. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta:Pustaka Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.3061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.