Keterbatasan Berbicara Anak Usia Dini (3-4 tahun)

Kartika Tri Amalia, Ramita Ramita, Shofiyatul Af-idah, Nurlaili Nurlaili

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan: 1) Kesulitan belajar anak usia dini; 2) faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan bicara anak usia dini; 3) hasil belajar yang dihasilkan dari kesulitan bicara anak usia dini; (4) tantangan yang dihadapi guru ketika mencoba meningkatkan kemampuan berbicara siswa selama proses pendidikan anak usia dini (usia 4-5). Penelitian kualitatif digunakan dalam jenis penelitian ini. Pelaksanaan penelitian ini pada bulan ke 11 semester 1 mata pelajaran perkembangan bahasa AUD 2022/2023 Ujian ini di pimpin di PAUD Bina Mandiri kota Medan. Penelitian ini memiliki dua subyek yaitu guru dan siswa. Para siswa adalah subjeknya sendiri, dan mereka kesulitan berbicara. Metode wawancara online digunakan untuk mengumpulkan data dari subjek wawancara ini untuk mempelajari tentang kesulitan berbicara siswa dan faktorfaktor yang menyebabkannya. Model Miles dan Huberman digunakan untuk menganalisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi. Triangulasi teknis dan waktu digunakan untuk memverifikasi validitas data. Wawancara dan observasi digunakan dalam metode pengumpulan data ini. Temuan mengungkapkan: 1) Anak-anak antara usia 4 dan 5 mengalami kesulitan berbicara saat diajar; (2) Ada beberapa siswa yang tidak mengalami kesulitan berbicara; (3) Kesulitan berbicara siswa dipengaruhi olehbeberapa faktor eksternal dan internal. (4) Hasil belajar siswa yang kesulitan berbicara menjadi di bawah standar.

Full Text:

PDF

References


Ocvi Milla Ferina, Vit Ardhyntama, M.Pd, Ayatullah Muhammadin Al Fath. 2019.

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BERBICARA SISWA KELAS

Alfani Nurul Istiqlal,2021.GANGGUAN KETERLAMBATAN BERBICARA

(SPEECH DELAY) PADA ANAK USIA 6 TAHUN 2021, Jurnal PRESCHOOL,

Vol.2 No. 2 Universitas Negeri Malang, hal: 206-208.

Fathurrohman., Pupuh., Sutikno, M.S. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:

Refika. Taseman, Safaruddin, Nasrul Fuad Erfansyah, Wilujeng Asri Purwani,

Fahriza Femenia. 2020. Jurnal Strategi Penanganan Gangguan (Speech Delay)

Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya.Vol 2

No.1 Juni 2020. hal 13-26.

Ratih Purnama Sari, Nuryani.Jurnal Bahasa ,sastra dan Pengajaran ,Analisis

Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Study Kasus Anak Usia 10

tahun.hal.9-10.

Masitoh.2019.Jurnal GANGGUAN BAHASA DALAM PERKEMBANGAN

BICARA ANAK.Jurnal Elsa, Volume 17. No. 1. April 2019. hal. 40-43.

Alfani Nurul Istiqlal. 2021. Jurnal GANGGUAN KETERLAMBATAN

BERBICARA (SPEECH DELAY) PADA ANAK USIA 6 TAHUN, PRESCHOOL.

Vol. 2 No. 2 April 2021. hal . 207.

Desi Rahmawati, Riswandi, Maman Surahman. Jurnal Peningkatan Keterampilan

Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. FKIP Universitas Lampung,

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.2227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.