TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 060954 KECAMATAN MEDAN MARELAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan teknik kunjungan lapangan dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan teknik penyajian kasus; 2) hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya belajar visual dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar auditori; dan 3) interaksi antara teknik pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060954 Kecamatan Medan Marelan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yaitu sebanyak 50 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa yang mengambil mata pelajaran IPS sebanyak 25 siswa pada kelas V/a dan sebanyak 25 siswa pada kelas V/b. Instrumen yang digunakan diantaranya yaitu angket gaya belajar dan tes hasil belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf sig0,05. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan teknik kunjungan lapangan lebih tinggi dibandingkan dengan teknik penyajian kasus (Fhitung = 19,86> Ftabel = 4,05), 2) Hasil belajar IPS Siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan dengan gaya belajar auditori (Fhitung = 8,65 > Ftabel = 4,05). 3) Terdapat interaksi teknik pembelajaran dan gaya belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa (Fhitung = 6,52> Ftabel = 4,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pembelajaran dan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa.
Full Text:
XMLDOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v9i2.549
Refbacks
- There are currently no refbacks.