TRANSFORMASI KURIKULUM PGMI: Studi Historis Tentang Integrasi Ilmu Agama dan Umum

Saidatul Khairiyah, Asrul Asrul

Abstract


Abstrak: Artikel ini membahas transformasi historis kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Indonesia, dengan fokus pada upaya integrasi ilmu agama dan ilmu umum. Sejak awal kemunculannya, pendidikan guru madrasah telah melalui evolusi signifikan dari dominasi kuat ilmu agama pada era tradisional, menuju penambahan ilmu umum yang bersifat komplementer di masa modernisasi, hingga pada era kontemporer yang berupaya menyatukan paradigma keilmuan. Penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan kurikulum PGMI merupakan refleksi dari dinamika sosial, politik, dan kebutuhan pendidikan yang terus berkembang di Indonesia. Meskipun telah mencapai kemajuan berarti dalam menyelaraskan kedua bidang ilmu tersebut, tantangan seperti ketersediaan sumber daya manusia dengan kompetensi ganda serta sinkronisasi teori-praktik masih menjadi pekerjaan rumah. Studi ini diharapkan memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana PGMI beradaptasi untuk mencetak guru madrasah yang kompeten secara intelektual, profesional, dan spiritual, relevan dengan tuntutan zaman.

 

Kata Kunci: Transformasi Kurikulum, PGMI, Integrasi Ilmu.


References


Afandi, Rahman. Branding Madrasah Unggulan: Analisis SWOT dalam Pengembangan Pendidikan Madrasah. Pustaka Ilmu, 2019.

Alam, Lukis. “Kontestasi Kebijakan Pendidikan Islam Di Era Orde Baru Dan Reformasi.” Ruhama: Islamic Education Journal 3, no. 2 (2020). https://doi.org/10.31869/ruhama.v3i2.2223.

Anggito Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Anshori, Muhammad Muhklis, Nurul Umamah, dan Srikantun Srikantun. “Organisasi Kurikulum (Fokus: Konsep, Prinsip, Elemen, Integrasi, Dan Ruang Lingkup Pengorganisasian).” Journal Social Society 2, no. 2 (2022): 85–104. https://doi.org/10.54065/jss.2.2.2022.265.

Assegaf, Abd. Rachman. Aliran pemikirian pendidikan Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di tengah Tantangan Milenium III. Prenada Media, 2019.

Drajat, Manpan. “Sejarah Madrasah Di Indonesia.” al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 2018. https://doi.org/10.5281/ZENODO.1161729.

Fauzan, Fauzan, dan Fatkhul Arifin. “Pgmi Curriculum Design and Strengthening Teacher Competence 21st Century.” Dalam Proceedings of the Proceedings of the 5th International Conference on Education in Muslim Society, ICEMS 2019,30 September - 01 October 2019, Jakarta, Indonesia. Jakarta, Indonesia: EAI, 2020. https://doi.org/10.4108/eai.30-9-2019.2291170.

Furkan, Nuril. Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Magnum Pustaka, 2013.

Haryono, Cosmas Gatot. Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher), 2020.

Ikbal, Muhammad, Fajri Ismail, Zuhdiyah Zuhdiyah, dan Ismail Sukardi. “The Intellectual Legacy of Islam: The Evolution of Educational Institutions from the Classical to the Medieval Period.” TOFEDU: The Future of Education Journal 4, no. 4 (2025): 980–91. https://doi.org/10.61445/tofedu.v4i4.677.

Indonesia, Presiden Republik. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen,” 2005.

Iskandar, Wahyu. “Analisis Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Madrasah.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 1 (2019): 1–22. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.109.

Kementerian Agama RI. Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2013.

Khoiriyah, Binti. “Model Integrasi Keilmuan Pesantren Pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia.” Tesis, Institut PTIQ Jakarta, 2021.

Lestari, Dwi Indah, dan Heri Kurnia. “Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital.” JPG: Jurnal Pendidikan Guru 4, no. 3 (2023): 205–22. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14252.

Moleong, Johannes Lexy. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Musoffa, Azzam, Muhammad Jihad Albanna, Hilda Lutfiani, Rasfiuddin Sabaruddin, and Syah Wardi. “THE DYNAMICS OF ACCEPTANCE AND RESISTANCE TO PRODUCTIVE WAQF: A Case Study of Mathali’ul Anwar and Al-Ishlah in Lamongan.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 48, no. 2 (2024): 188–205. https://doi.org/10.30821/miqot.v48i2.1271.

Nasution, Umar Hamdan, dan Listya Devi Junaidi. Metode Penelitian. Serasi Media Teknologi, 2024.

Nurhidayani, Nurhidayani, Livia Novelina, Bayu Putra Niami, Merika Setiawati, dan Nikmah Hayati. “Peran Guru Dalam Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum Pendidikan.” Jurnal Intelek Insan Cendikia 2, no. 5 (2025): 10442–56.

Putri, Yulita, dan Abid Nurhuda. Filsafat Pemikiran Pendidikan Islam Lintas Zaman. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Qomar, Muljamil. Epistemologi pendidikan Islam: dari metode rasional hingga metode kritik. Erlangga, 2005.

Rahman, Abdul. Sejarah Pemikiran Pendidikan Islam. Greenbook Publisher, 2025.

Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’I. Bandung: PT Mizan Pustaka, 2007.

Suhendra, Ade. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI. Prenada Media, 2019.

Syarifah, Syarifah, dan Juriana Juriana. “Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Al-Islam Dan Darul Abror (Antara Tradisional Dan Modern).” Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan 6, no. 2 (2020): 142–69. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i2.1411.

Wardi, Syah, and Zuhri Arif. “A Critical Review on The Law of Cina Buta (Chinese Blind) According to Shaykh Abdul Qadir Bin Abdul Muthalib Al Mandili Al Indonesia Al Shafi’i.” DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum 21 (2023): 15–23. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/diktum.v21i1.4954.

Wibowo, Prasetyo. “Gagasan Pembaharuan KH Ahmad Dahlan dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam di Era Digital.” Tesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 2024.

Wikipedia. “Kurikulum Berbasis Kompetensi.” Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, 2023. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Kurikulum_Berbasis_Kompetensi&oldid=25004689.

Yusuf, Achmad. Pesantren Multikultural Model Pendidikan Karakter Humanis-Religius di Pesantren Ngalah Pasuruan - Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada, 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v15i1.4663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING