KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL JADID KABUPATEN BATANG HARI JAMBI
Abstract
Kondisi kecemasan siswa dikelas kususnya di kelas III dan V MIS Nurul Jadid ini teridentifikasi adanya kecemasan belajarpada pelajaran matematika yang ditandai dengan anak-anak itu ketika belajar merasa tegang, merasa was-was, merasa gugup, takut, tanganya gemetas dan sulit untuk konsentrasi siswa merasa bosan dan mengantuk didalam kelas saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mendeskripsikan kondisi kecemasan belajar matematika siswa kelas III Dan V di MIS Nurul Jadid Desa Rambutan Masam Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batanghari.2). Mendeskripsikan faktor yang menyebabkan kecemasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika. 3). Mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru untuk mengurangi kecemasan siswa belajar dalam pembelajaran matematika. Penelitan ini menggunakan penelitian kualitatif fenomenologi yang mana penelitian ini melihat secara langsung fenomena atau kejadian yang terjadi disuatu tempat. Penelitan ini dilakukan di MIS Nurul Jadid Desa Rambutan Masam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini langsung diperoleh dari siswa kelas III dan V, guru kelas III dan V, kepala Madasah dan orang tua siswa kelas III dan V MIS Nurul Jadid Desa Rambutan Masam Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitan yaitu kondisi kecemasan belajar matematika siswa kelas III dan V berada pada kondisi kecemasan Realistis, kecemasan neurotik dan kecemasan moral. Faktor yang mempengaruhi kecemasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika adalah faktor kepribadian, faktor intelektual, dan faktor eksternal. Sedangkan upaya guru untuk mengurangi kecemasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika yaitu guru harus menciptakan suasanan kelas yang kondusif, memberikan motivasi, serta menanamkan kesan positif pada diri siswa.
Kata Kunci: Kecemasan Belajar, Pembelajaran Matematika, Madrasah IbtidaiyahFull Text:
PDFReferences
Annisa, Dona Fitri, dan Ifdil Ifdil. “Konsep kecemasan (anxiety) pada lanjut usia (lansia).” Konselor 5, no. 2 (2016): 93–99.
Arianti, Arianti. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Didaktika : Jurnal Kependidikan 12, no. 2 (20 Juni 2019): 117–34. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181.
Dina, Alifa Shafira, dan Lukita Ambarwati. “Literature Review : Faktor Kecemasan Matematika Siswa dan Upaya Mengatasinya” 4, no. 1 (2022).
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami desain metode penelitian kualitatif.” HUMANIKA 21, no. 1 (30 April 2021): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Fauziyah, Syifa, Nur Amalia, dan Putri Amelia. “Analisis Faktor Penyebab Kecemasan Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Tunas Pembangunan.” Konstanta : Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 1, no. 4 (9 November 2023): 211–22. https://doi.org/10.59581/konstanta.v1i4.1696.
Juliyanti, Annisa, dan Heni Pujiastuti. “Pengaruh kecemasan matematis dan konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa.” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 2 (30 Juli 2020): 75–83. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2591.
Kusumawati, Elli, dan Randi Ahmad Irwanto. “Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 1 (2016): 49–57. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2289.
Legiwati, Nanik. “Pengaruh Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Grati Satap Kabupaten Pasuruan.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS 10, no. 2 (2016): 294–309.
Musoffa, Azzam, Muhammad Jihad Albanna, Hilda Lutfiani, Rasfiuddin Sabaruddin, and Syah Wardi. “THE DYNAMICS OF ACCEPTANCE AND RESISTANCE TO PRODUCTIVE WAQF: A Case Study of Mathali’ul Anwar and Al-Ishlah in Lamongan.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 48, no. 2 (2024): 188–205. https://doi.org/10.30821/miqot.v48i2.1271.
Permanasari, Lela, dan Kenny Candra Pradana. “Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP.” Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai 1, no. 01 (28 Oktober 2021): 1–7. https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1327.
rusdiansyah, Amirul, Yunus, Muhammad. “upaya guru dalam mengatasi kecemasan siswa dalam menghadapi tes (pencapaian hasil belajar) siswa di SMP Negeri 3 banda aceh” 1 (2016): 96–109.
Setiawan, Makis, Emi Pujiastuti, dan Bambang Eko Susilo. “Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 13, no. 2 (28 Juli 2021): 239–56. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870.
Shofa, Ira Maya, Yuniza Amalia Noor, Tauffiqul Lutfiyah, Putri Aprilia, dan Fitriyah Amaliyah. “Pengaruh motivasi dan tingkat kecemasan terhadap pemecahan soal matematika.” Proceeding Umsurabaya, 2023. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19750/6746.
Supriatna, Adam. “Studi Kasus Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA,” 2019, 730–35.
Syafri, Fatrima Santri. “Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika?” Journal of medives: journal of mathematics education IKIP Veteran Semarang 1, no. 1 (2017): 59–65.
Wardani, Indah Kusuma, Ruli Hafidah, dan Nurul Kusuma Dewi. “Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini.” Kumara Cendekia 9, no. 4 (28 Desember 2021): 225–33. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845.
Warsah, Idi, Eko Carles, Ruly Morganna, Sela Anggraini, Shella Silvana, dan Siti Maisaroh. “Usaha Guru Mengurangi Kecemasan Belajar Siswa” 15, no. 1 (2023): 31–48.
Wicaksono, Arief Budi, dan M. Saufi. “Mengelola kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 9:89–94, 2013. https://eprints.uny.ac.id/10735/1/P%20-%2012.pdf.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v14i2.4477
Refbacks
- There are currently no refbacks.