PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI DALAM BERKOMUNIKASI PADA ANAK USIA DASAR

Muhammad Amin Nasution, Nurussakinah Daulay, Nancy Thacker

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami tentang pengaruh kepercayaan diri seseorang dalam berkomunikasi. Kepercayaan diri sebagai bagian awal dari kegiatan public speaking dalam komunikasi, sangat menarik untuk diteliti, mengingat bahwa public speaking akan terbangun apabila mempunyai kepercayaan diri dalam komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dimana kegiatan yang berkenaaan dengan pengumpulan data pustaka yang berasal dari jurnal, buku, dan juga website komunikasi terpercaya yang berkaitan dengan membangun rasa percaya diri dalam berkomunikasi pada remaja. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh kepercayaan diri seseorang dalam berkomunikasi dapat diatasi dengan meningkatkan kepercayaan diri yaitu dengan memiliki kemuan yang kuat dan mampu menempatkan diri dalam segala situasi. kepercayaan diri seseorang itu sangat berpengaruh penting karena, dari percaya diri itu kita bisa dengan tau dan mudah melakukan sebuah komunikasi baik itu untuk public ataupun untuk diri sendiri.

Kata Kunci: percaya diri, berkomunikasi


Full Text:

PDF

References


Ade, Abdul Halim. “Stres Akademik Siswa SMA Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling.” Skripsi, Universitas Negeri Padang, 2019. http://repository.unp.ac.id/25418/.

Ahmad, Deni Nasir. “Membangun Komunikasi Dan Pendidikan Berkarakter Dalam Keluarga Dalam Pengenalan Awal Organ Seksual Pada Anak.” BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi 8, no. 2 (2 November 2017): 125–33. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v8i2.1069.

Ahmadi, Dadi. “Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar.” Mediator: Jurnal Komunikasi 9, no. 2 (29 Desember 2008): 301–16. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i2.1115.

Alam, Rudi, Teti Ratnawulan S, Desemberi Trianugrahwati, Sri Haryani, dan Narti Nurlaela. Bimbingan dan Konseling Dalam Peningkatan Peran Sekolah. Penerbit P4I, 2023.

Amri, Syaipul. “Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 3, no. 2 (11 Desember 2018): 156–70. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7520.

Cahyaningtyas, Rizky, Anny Fitria Devi, dan Aprilia Dwi Kurnia Utomo. “Teknik Bimbingan Konseling Dalam Membantu Perkembangan Anak Sekolah Dasar.” Ta Lim Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (28 Februari 2023): 1–8. https://doi.org/10.59098/talim.v2i1.896.

Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32855.

Ea, Selvira Seme, dan Maria Yuvani. “Pentingnya Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Peserta Didik Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).” Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan) 4, no. 1 (28 Juni 2023): 7–15. https://doi.org/10.61717/sl.v4i1.66.

Hartono, Hartono, dan Dkk. Psikologi Konseling. Kencana, 2015.

Hidayati, Novi Wahyu, dan Hassana Nofari. “Meningkatkan Percaya Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok.” Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling 1, no. 3 (2015). http://i-rpp.com/index.php/jptbk/article/viewFile/331/331.

Jannah, Miftahul. “Remaja dan tugas-tugas perkembangannya dalam islam.” Psikoislamedia : Jurnal Psikologi 1, no. 1 (8 Agustus 2017). https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1493.

Karmiyanti, Rina, Anita Chandra DS, dan Purwadi Purwadi. “Analisis Home Visit Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aba 28 Semarang.” PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 8, no. 1 (2019). https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/163-172.

M. Luddin, Abu Bakar. “Kinerja Kepala Sekolah Dalam Kegiatan Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang 19, no. 2 (2013): 105613. https://doi.org/10.17977/jip.v19i2.4216.

Mollah, Moch Kalam. “Kepercayaan Diri Dalam Peningkatan Keterampilan Komunikasi.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 9, no. 1 (28 Februari 2019): 1–20. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.1.1-20.

Musoffa, A., Albanna, M. J., Lutfiani, H., Sabaruddin, R., & Wardi, S. (2024). THE DYNAMICS OF ACCEPTANCE AND RESISTANCE TO PRODUCTIVE WAQF: A Case Study of Mathali’ul Anwar and Al-Ishlah in Lamongan. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 48(2), 188–205. https://doi.org/10.30821/miqot.v48i2.1271

Salwa. “Pengaruh Menstruasi Pada Masa Pubertas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Mts Daarul Falahiyyah Cisoka Tangerang.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2009. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/13344/1/SALWA-FITK.pdf.

Silvia, Tesa Lonika, Irawan Suntoro, dan Hermi Yanzi. “Peranan Guru dalam Menanamkan Rasa Percaya Diri Siswa di SMP PGRI 2 Bekri.” Jurnal Kultur Demokrasi. Journal:eArticle, Lampung University, 2017. https://www.neliti.com/publications/251395/.

Simorangkir, Melda Rumia Rosmery. “Bimbingan Dan Konseling Dalam Menumbuhkan Sikap Percaya Diri Remaja.” Dalam 1st ASEAN School Counselor Conference on Innovation and Creativity in Counseling. Ikatan Bimbingan dan Konseling Sekolah, 2018. https://gci.or.id/proceedings/view_article/177/3/ascc-2017.

Syam, Asrullah, dan Amri Amri. “Pengaruh Kepercayaan Diri (self Confidence) Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare).” Jurnal Biotek 5, no. 1 (30 Juni 2017): 87–102. https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3448.

Thantawy, R. “Kamus istilah bimbingan dan konseling.” Jakarta: Grasindo, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v14i2.4476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING