MANAJEMEN WAKTU PEMBELAJARAN TERHADAP KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN ANAK USIA DASAR

Mark Baildon, Ulian Barus, Gilang Zulfikar

Abstract


Manajemen waktu belajar sangat diperlukan dalam proses pembelajaran agar berjalan efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan penekanan pada hasil observasi dan wawancara dari narasumber. Manajemen waktu yang baik akan menciptakan konsentrasi dan hasil belajar yang baik pula. Metode pembelajaran pada guru PKn kelas 4 MIS Al-Anwarr adalah dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum mandiri dan sumber belajar yang digunakan adalah buku cetak. Waktu pembelajaran PKn sangat singkat yaitu hanya 2 jam dalam seminggu. Cara Mengelola Waktu Yang dilakukan guru mata pelajaran PKN di MIS Al-Anwar adalah dengan menyeimbangkan metode, kurikulum, sumber belajar dan jatah waktu yang telah ditentukan oleh yayasan agar proses belajar mengajar dapat dikatakan berjalan dengan baik dan berhasil.

Kata Kunci: Manajemen Waktu, Konsentrasi, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


A. Gafar Hidayat dan Tati Haryati. “Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.” JURNAL PENDIDIKAN IPS 9, no. 1 (30 Juni 2019): hal. 18-20.

Abidin, Zaenal. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter Berbasis Agama, Budaya, Dan Sosiologi.” al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 2021. http://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/167.

Albi, Anggito, dan Setiawan Johan. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Ardiansyah, Risnita, dan M. Syahran Jailani. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (1 Juli 2023): 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.

Armella, Rega, dan Khonsaullabibah Maisun Nur Rifdah. “Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar.” Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 30 September 2022, 14–27. https://doi.org/10.21093/sijope.v2i1.5130.

Dalyono, Bambang, dan Enny Dwi Lestariningsih. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Bangun Rekaprima 3, no. 2 (1 Oktober 2017): 33–42. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i2.865.

Damayanti, Siska, Syarifah Rauzatul Jannah, dan Nevi Hasrati Nizami. “Tingkat Stres Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas Selama Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan 5, no. 4 (2021). https://jim.usk.ac.id/FKep/article/view/20329.

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, Mila Rosdiana Sianipar, Astary Desty Ramdhani, Fika Widya Putri, dan Nadya Zain Ritonga. “Konsep dan karakteristik penelitian kualitatif serta perbedaannya dengan penelitian kuantitatif.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 8686–92.

Mariyati, Mariyati, Zuhri Arif, and Syah Wardi. “Perkembangan Dayah Dalam Tradisi Masyarakat Aceh: Kontribusi Kualitas Pendidikan Masyarakat.” Jurnal Tahsinia 5, no. 5 (2024): 731–41. https://doi.org/10.57171/jt.v5i5.567.

Setianingsih, Sri. “Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Ditinjau dari Strategi Pra Pembelajaran pada Siswa Kelas V Sdit Al Anis Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019.” Online) Diakses dari http://eprints. iain-surakarta. ac. id/3713/1/FULL% 20TEKS. pdf.(5 Agustus 2019), 2019. https://core.ac.uk/download/pdf/296477939.pdf.

Zanzabela, Berdit. “Persepsi Anggota Komunitas Indonesian Pageants Mengenai Brand Image Miss Indonesia.” Phd thesis, universitas airlangga, 2019. Https://repository.unair.ac.id/92711/.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v14i2.4475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING