PENGARUH MODEL SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL INTELLECTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR

Nirwana Anas, Khairi Syafitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar dan pengaruh Model SAVI terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 3 Kota Medan yang dilaksanakan pada semester genap tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V MIN 3 Kota Medan. Sampel penelitian adalah siswa kelas V-A dan V-B MIN 3 Kota Medan. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model SAVI memiliki skor 10 poin lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan cara konvensional (skor maksimal 100). Perhitungan uji hipotesis yang dilakukan adalah dengan menggunakan taraf nyata (α) = 0,05 dan dk = n1+ n2 – 2 = 58 diperoleh thitung 4,97 dan ttabel 1,697 dengan kata lain thitung > ttabel dan hipotesis diterima. Dapat disimpulkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar.

Kata kunci: Model SAVI; hasil belajar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v9i1.428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING