PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DI PGMI UIN SUMATERA UTARA

Eka Yusnaldi

Abstract


Tujuan penelitian ini untu mengetahui pengaruh kemampuan menyimak mahasiswa PGMI yang mengikuti mata kuliah IPS menggunakan Big Book dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media Picture and Picture, mengetahui pengaruh kemampuan menyimak IPS Mahasiswa yang memiliki minat baca rendah dengan Mahasiswa yang memiliki minat baca tinggi, dan mengetahui interaksi antara media pembelajaran terhadap kemampuan menyimak Mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah anak kelas B pada PGMI UIN Sumatera Utara terdiri dari dua kelas berjumlah 32 orang. yang di tempuh dengan Teknik Total Sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur kemampuan menyimak dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian adalah kemampuan menyimak mata kuliah IPS mahasiswa menggunakan media Big Book berbeda dengan kemampuan menyimak mata kuliah IPS PGMI UIN Sumatera Utara dengan menggunakan media Picture and Picture. Kemampuan menyimak mahasiswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Big Book memperoleh skor rata-rata sebesar 31,12, sedangkan kemampuan menyimak mahasiswa menggunakan media Picture and Picture memperoleh nilai rata-rata adalah 28,44. Kemampuan menyimak mahasiswa pada matakuliah IPS memiliki minat baca tinggi berbeda dengan memiliki minat baca rendah. mahasiswa yang memiliki minat baca tinggi memperoleh nilai rata-rata kemampuan menyimak yaitu sebesar 29,33, sedangkan kemampuan menyimak mahasiswa yang memiliki minat baca rendah memperoleh nilai rata-rata adalah 30,64. Terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan minat baca dalam memberikan pengaruh terhadap kemampuan menyimak anak. Hasil uji Anava AxB diketahui bahwa F Bh =27,875 dan F 0,05(1,32) = 4,150 dan 27,875>4,150.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v8i2.398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING