KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS: STUDI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIN 1 MEDAN
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis keterampilan berpikir kritis. Pengembangan LKPD dilakukan menggunakan model 4D, dengan desain penelitian berupa one group pre-test post-test design. Kegiatan penelitian diimplementasikan dalam dua kali replikasi pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas III MIN 1 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD memenuhi kriteria validitas dan keefektifan. Tingkat reliabilitas dan validitas LKPD masing-masing menunjukkan rata-rata persentase sebesar 86,35% dan 92,64%. Nilai n-gain yang tinggi untuk keterampilan berpikir kritis ditunjukkan oleh indikator inferensidan strategi. Keterbacaan LKPD diukur menggunakan uji rumpang (cloze procedure) yang menunjukkan persentase 95,38%. Aktivitas siswa dalam penelitian ini dominan pada kegiatan mengerjakan LKPD. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
Kata Kunci : LKPD; BerpikirKritis; Model 4-D.
Full Text:
PDFReferences
ADABIYAH, Khoirotul. “Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Jember pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Kemuningsari Lor 02 Jember,” 2019.
Adeninawaty, Dewi, Rahmat Soe’oed, dan Ahmad Ridhani. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Strategi Think Talk Write Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Menulis Teks Ulasan Kelas VIII SMP.” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 1, no. 2 (30 Agustus 2018): 75–88. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.11.
Aminullah, Muhammad, dan Marzuki Ali. “Konsep Pengembangan Diri Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4.0.” KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 12, no. 1 (2020): 1–23.
Andrian, Yusuf, dan Rusman Rusman. “Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 12, no. 1 (25 April 2019): 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116.
Astuti, Sry, Muhammad Danial, dan Muhammad Anwar. “Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia.” Chemistry Education Review (CER) 1, no. 2 (2018): 90–114.
Ayunda, Sonia Nurul, Lufri Lufri, dan Heffi Alberida. “Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantuan lkpd terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.” Journal on Education 5, no. 2 (2023): 5000–5015.
Dewi, Elza Minawati, Muhsinah Annisa, dan Dedi Kunadi. “Pengembangan Modul IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains dalam Mengembangkan Karakter pada Siswa Kelas VA SDN 007 Tarakan.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 8, no. 2 (2018): 54–66.
Diani, Rahma. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Model Problem Based Instruction.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 4, no. 2 (27 Oktober 2015): 243–55. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v4i2.96.
Lase, Natalia Kristiani, dan Rahma Krisnawati Lase. “Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII SMP.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 3, no. 2 (2020): 450–61.
Parihah, Ihah, Tita Rosita, Yus Alvar Saabighoot, dan Houtman Houtman. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kemampuan Berfikir Kreatif.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 8, no. 1 (2023): 25–34.
Wahyuni, Ketut Sri Puji, I. Made Candiasa, dan I. Made Citra Wibawa. “Pengembangan E-LKPD berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi mata pelajaran tematik kelas IV sekolah dasar.” PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 5, no. 2 (2021): 301–11.
Wardani, Indra Kusuma, dan Galuh Tisna Widiana. “Pengembangan LKS Berbasis Saintifik untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD.” Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan 27, no. 1 (2018): 79–90.
Wardi, S. & Waldi, I., 2021. DISKURSUS PENGAMALAN BERQURBAN MENURUT LDII DAN AL WASHLIYAH; BERQURBAN SECARA BERJAMA’AH (PATUNGAN). Islamijah: Journal of Islamic Social SciencesWardi, Syah, 2(1), p. 19.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v14i2.3963
Refbacks
- There are currently no refbacks.