PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Hodriani Hodriani, Wingkolatin Wingkolatin, Yan Wing Leung

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai Pancasila pada siswa di lingkungan sekolah yaitu tingkat sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Penelitian ini membahas tentang bagaimana sikap para siswa di sekolah terkait dengan nilai nilai Pancasila. Pancasila bukan sekedar sebagai dasar negara tetapi juga sebagai pedoman dan pandangan hidup dalam bernegara. Dalam artikel ini juga membahas tentang bagaimana cara menerapkan nilai nilai Pancasila pada siswa di kehidupan sehari hari khususnya di sekolah. Hasil penelitian ini bahwa masih banyak siswa di sekolah yang kurang menerapkan nilai nilai Pancasila di lingkungan sekolah, tetapi pihak sekolah selalu berupaya mendidik para peserta didik agar menerapkan nilai nilai Pancasila dan berubah menjadi yang lebih baik lagi.

Kata Kunci : lingkungan sekolah, Pancasila, peserta didik


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Nandiyah. “Mengenal anak berkebutuhan khusus.” Magistra 25, no. 86 (2013): 1.

Ali, Salina Mohamed, Katiman Rostam, dan Abd Hair Awang. “School landscape environments in assisting the learning process and in appreciating the natural environment.” Procedia-Social and Behavioral Sciences 202 (2015): 189–98.

Betsch, Cornelia, dan Paola Iannello. “Measuring individual differences in intuitive and deliberate decision-making styles: a comparison of different measures.” Dalam Foundations for tracing intuition, 259–79. Psychology Press, 2009.

Borowsky, Iris Wagman, Lindsay A. Taliaferro, dan Barbara J. McMorris. “Suicidal thinking and behavior among youth involved in verbal and social bullying: Risk and protective factors.” Journal of adolescent health 53, no. 1 (2013): S4–12.

Hasanah, Uswatun. “Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini.” Jurnal pendidikan anak 5, no. 1 (2016). http://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12368.

Hayati, Rimadhani Khusnul, dan Arief Cahyo Utomo. “Penanaman Karakter Gotong Royong Dan Tanggung Jawab Melalui Metode Pembiasaan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 6419–27. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248.

Kunantiyorini, Anik. “Pancasila Sebagai Sumber Segala Sumber Hukum.” Pena: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 26, no. 2 (29 Juni 2015). https://doi.org/10.31941/jurnalpena.v26i2.112.

Limilia, Putri, dan Puji Prihandini. “Penyuluhan Stop Bullying sebagai Pencegahan Perundungan Siswa di SD Negeri Sukakarya, Arcamanik - Bandung.” ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2, no. 01 (2019): 12–16. https://doi.org/10.32509/am.v2i1.690.

Meilani, Ersha, Dinie Anggraeni Dewi, dan Yayang Furi Furnamasari. “Penerapan Pendidikan Karakter Pancasila dalam Lingkungan Sekolah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021): 9247–58.

Mufrihah, Arina. “Perundungan Reaktif di Sekolah Dasar dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah.” Jurnal Psikologi 43, no. 2 (1 Juni 2016): 135. https://doi.org/10.22146/jpsi.15441.

Musoffa, Azzam, Muhammad Jihad Albanna, Hilda Lutfiani, Rasfiuddin Sabaruddin, and Syah Wardi. “THE DYNAMICS OF ACCEPTANCE AND RESISTANCE TO PRODUCTIVE WAQF: A Case Study of Mathali’ul Anwar and Al-Ishlah in Lamongan.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 48, no. 2 (2024): 188–205. https://doi.org/10.30821/miqot.v48i2.1271.

Nurgiansah, T. Heru. “Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (9 Juni 2022): 7310–16. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481.

Ribbany, Eraya Tika. “Bullying pada pola interaksi anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah inklusif.” Paradigma 4, no. 3 (2016).

Rigby, Ken, Peter K. Smith, dan Debra Pepler. “Working to prevent school bullying: Key issues.” Bullying in schools: How successful can interventions be, 2004, 1–12.

Sari, Ratna, dan Fatma Ulfatun Najicha. “Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN 7, no. 1 (27 Mei 2022): 53–58. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.56445.

Sukamto, Ismu, Achmad Salido, dan Hatta Yarid Murjainah. Bullying Mencederai Hakikat Manusia. CV. AZKA PUSTAKA, 2024.

Vassil, Kristjan, dan Till Weber. “A Bottleneck Model of E-Voting: Why Technology Fails to Boost Turnout.” New Media & Society 13, no. 8 (Desember 2011): 1336–54. https://doi.org/10.1177/1461444811405807.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v14i2.3957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING