IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PKN DALAM UPAYA MENINGKATKAN CRITICAL THINGKING SKILLS SISWA MELALUI STRATEGI BERBASIS MASALAH
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengamati seberapa efektivitasnya penggunaan strategi berbasis masalah dalam upaya meningkatkan critical thingking siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian yang menekankan pada kualitas data atau kedalaman data yang diperoleh. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 6 b Sekolah Dasar SDS PLUS ANBATA yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang di lakukan oleh peneliti yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, yaitu Pembelajaran dengan menerapkan critical thingking dengan strategi Problem Based Learning (PBL) termasuk dalam pembelajaran inovatif dimana siswa lebih banyak berperan aktif dalam pembelajaran dibandingkan dengan guru. Dalam hal ini, guru hanya sebagai fasilitator saja sedangkan siswanyalah yang berperan aktif dalam pembelajaran. Dalam penggunaan strategi Problem Based Learning dapat dilihat bahwa penggunaan strategi tersebut memperoleh keberhasilan dalam pembelajaran PKN, hal ini dapat dilihat dari nilai bulanan para peserta didik yang sudah mencapai nilai yang sesuai dengan ketetapan dari SDS Plus Anbata Medan
Kata Kunci: Pembelajaran PKN, Critikal Thingking, SDS Plus Anbata Medan.
Full Text:
PDFReferences
Cahyono, dkk. 2021, Penerapan model pembelajaran inquiry dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol 6, No 1
Elaine, 2012, Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 16. 2)
H. Saputra. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3).
Henny Dewi Koeswanti, Wahyu Agung Dwi Pamungkas, (2021), Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, Vol.4, No.3.
Hidayah Ratna, dkk, 2017, Critical Thinking Skill, : Konsep Dan Indikator Penilaian , Jurnal Taman Cendekia, Vol. 1, No. 2.
M. Sani (2016). Kegiatan Menutup Pelajaran. Journal of Accounting and Business Education, Vol. 1, No. 3.
Muhibbin Ahmad, dkk. 2021, Implementasi media audio visual untuk meningkatkan critical thinking siswa menggunakan strategi point counterpoint, Journal of Social Science and Education, Vol 2, No 2
Mulyani Atris Yuliarti, 2022, Pengembangan Critikal Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 1, No. 1.
Musoffa, Azzam, Muhammad Jihad Albanna, Hilda Lutfiani, Rasfiuddin Sabaruddin, and Syah Wardi. “THE DYNAMICS OF ACCEPTANCE AND RESISTANCE TO PRODUCTIVE WAQF: A Case Study of Mathali’ul Anwar and Al-Ishlah in Lamongan.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 48, no. 2 (2024): 188–205. https://doi.org/10.30821/miqot.v48i2.1271.
N. Afif. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Perspektif Al-Qur’an. Karya Litera Indonesia.
N. Hasanah, (2016). Upaya guru dalam mengatasi siswa berkesulitan belajar matematika di kelas IV SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Jurnal PTK & Pendidikan, Vol. 2, No. 2.
Nasution Wahyudin Nur, 2017, Strategi Pembelajaran. (Medan: Perdana Publishing)
Nur Laela Ismi, dkk, 2023, Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pancasila Dalam Kehidupan Di Kelas V Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, Vol 17 No 2
Rahardhian Adithya, 2022, Kajian Kemampuan Berfikir Kritis (Critical Thinking Skills) Dari Sudut Pandang Filsafat, Jurnal Filsafat Indonesia, Vol. 5, No. 2.
Rahmawati Esti, 2018, Peningkatan Critical Thinking Siswa Kelas V Pada PKN Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. BASIC EDUCATION, Vol 7, No 12
Ratna Hidayah, dkk, Critical Thinking Skill, : Konsep Dan Indikator Penilaian , Jurnal Taman Cendekia
Ruci Maysiska, dkk. 2023, Implementasi LKPD Berbasis Saintifik untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, Vol 9 No 2.
Suharyati Teti, Hana Sakura, 2023, Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar, Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), Vol 2 No 1
Suyanti, 2023, Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PKN Siswa Kelas V SD NEGERI 104208 Cinta Rakyat, PROCEEDING UMSURABAYA, Vol 1, No 1
T. Utomo, dkk. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa (siswa kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1).
Tirtoni Feri, dkk. 2022, Implementasi Pembelajaran PKn Tematik Melalui Media Smart Board Hybride Learning Dalam Upaya Pembentukan karakter Critical Thinking di Era Post pandemi Covid 19: Pembentukan karakter Critical Thinking di Era Post pandemic Covid 19. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 6, No 1
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.
Wardono, Arfika Riestyan Rachmantika, 2019, “Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah,” in Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol. 2.
Wena Made, 2013, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu Tinjauan Konseptual Operasional.
Zahra Rizkika Amatullah, dkk. 2018, Upaya Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol 2, No 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v14i2.3956
Refbacks
- There are currently no refbacks.