INOVASI GURU DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA YANG KREATIF DAN MENYENANGKAN

Khairun Nisa, M. Syarif Sumantri, M. Billy Kurniawan

Abstract


Abstrak: Artikel ini membahas inovasi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk menciptakan suasana belajar yang kreatif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi inovatif yang diterapkan oleh guru, mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran yang digunakan, serta menganalisis tantangan dan solusi yang dihadapi dalam proses pengajaran. Pada penelitian ini peneliti menggunakan kajian pustaka (library research), peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara mengeksplorasi data yang sesuai pembahasan mengenai Inovasi Guru dalam Menciptakan Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Kreatif dan Menyenangkan, demikian nanti data yang diperoleh melaui bentuk informasi dari media cetak dan juga berupa buku, jurnal, literatur, dokumen, serta berbagai artikel yang demikian relevan dengan masalah yang diteliti oleh peneliti. Temuan ini menunjukkan bahwa inovasi dalam metode pengajaran tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, tetapi juga membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Artikel ini menyarankan agar guru terus berinovasi dengan memanfaatkan berbagai sumber daya dan teknologi yang ada, serta mengembangkan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Dengan demikian, diharapkan pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menjadi lebih dinamis dan berdaya guna.

Kata Kunci: Inovasi Pendidikan, Metode, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

 

Abstract: This article discusses innovations made by teachers in learning Indonesian to create a creative and enjoyable learning atmosphere. This research aims to identify innovative strategies implemented by teachers, show the effectiveness of the learning methods used, and analyze the challenges and solutions faced in the teaching process. In this research the researcher used library research, the researcher used data collection techniques by exploring data that was appropriate to the discussion regarding Teacher Innovation in Creating Creative and Enjoyable Indonesian Language Learning, so that later the data obtained would be in the form of information from print media and also in the form of books, journals, literature, documents, and various articles that are relevant to the problems studied by researchers. These findings show that innovations in teaching methods not only improve students' understanding of the material, but also make the learning process more enjoyable. This article suggests that teachers continue to innovate by utilizing various existing resources and technology, as well as developing approaches that suit student needs and characteristics. In this way, it is hoped that Indonesian language learning can become more dynamic and effective.

Keywords: Educational Innovation, Methods, Indonesian Language Learning


Full Text:

PDF

References


Ahdar, dan Wardana. “Belajar dan pembelajaran: 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis.” CV. Kaaffah Learning Center, 2019.

Albi, Anggito, dan Setiawan Johan. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Ansori, Yoyo Zakaria. “Pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran terpadu di sekolah dasar.” Jurnal Educatio Fkip Unma 6, no. 1 (2020): 177–86.

Arikarani, Yesi, dan Muhammad Faizul Amirudin. “Pemanfaatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran dimasa pandemi.” Edification Journal: Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2021): 93–116.

Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Diva Press, 2016.

Emalfida, Emalfida, M. Ali Sarong, dan Hasanuddin Hasanuddin. “Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkdp) Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Peningkatan Sikap Ilmiah Peserta Didik Mtss Alfurqan Bambi.” Jurnal Edubio Tropika 4, no. 1 (2016).

Fatimah, Khusnul, Tono Viono, dan Ari Ambarwati. “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Gamifikasi Pada Pembelajaran Teks Fabel:” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 6, no. 4 (4 Oktober 2023): 945–58.

Fauzi, Muhammad Noor. “Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 4 (2023): 1661–74.

Febrianika, Dea Vista, Trikinasih Handayani, dan Dewi Partini. “Penerapan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Paragraf pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IVA SDN 187/II Kuning Gading.” Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG) 3, no. 2 (2022): 119–24.

Fergina, Anggun, Ani Nuraeni, Dhea Adela, Fitria Nurulaeni, Dhita Diana Dewi, dan Siti Sarah Sobariah Lestari. “Penerapan Ilmu Pengetahuan Melalui Pendidikan Di Sdn 02 Cipeundeuy Dengan Metode Pengajaran Interaktif.” Jurnal Abdi Nusa 3, No. 2 (2023): 118–21.

Hamas, Muhammad Icha. “Peran Content Creator Dalam Pembuatan Konten Instagram Layanan Informasi Dan Motivasi Di Pt. PLN UP3 Yogyakarta.” PhD Thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta, 2022.

Hanani, Nurul. “Efektivitas Penggunaan Metode Audiolingual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam 14, no. 2 (30 Desember 2016): 246–56.

Handani, Sitaresmi Wahyu, M. Suyanto, dan Amir Fatah Sofyan. “Penerapan Konsep Gamifikasi Pada E-Learning Untuk Pembelajaran Animasi 3 Dimensi.” Telematika 9, no. 1 (14 Maret 2016).

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, Dayang Lidya Fitriah, Azizah Febryani Nasution, dan Siti Aisyah Harahap. “Professionalisme Guru MI di Era Kebebasan (Merdeka Belajar).” MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies 3, no. 1 (2023): 146–53.

Hidayat, Ziaulhaq. “Power Relations between Tuan Guru and Sultan in the Malay World: Source of the Tuan Guru Manuscript (TGM).” Potret Pemikiran 27, no. 1 (2023): 1–14.

Hudaa, Syihaabul, Ahmad Bahtiar, dan N. F. N. Nuryani. “Pemanfaatan Teknologi untuk Pengajaran Bahasa Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19.” Ranah: Jurnal Kajian Bahasa 9, no. 2 (2020): 384–85.

Irawan, Sandi, dan Muhammad Mukhlis. “Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Ajar Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 6, no. 1 (21 Februari 2023): 235–46.

Junaidi, Junaidi, Hodriani Hodriani, dan Ira Safitri. “Peran Vital Profesionalisme Guru Sebagai Upaya Mewujudkan Pendidikan Berkualitas di Sumatera Utara.” Jurnal Studi Edukasi Integratif 1, no. 1 (2024): 23–31.

Juniantari, IGAS, dan Gusti Ayu Sri. “Pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam pencapaian hasil belajar siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. 3 (2017): 1–12.

Kustandi, Cecep, dan Daddy Darmawan. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media, 2020.

Kusumawati, Intan, Nana Citrawati Lestari, Chintani Sihombing, Felisia Purnawanti, Dian Wahyu P. Soemarsono, La Kamadi, Ricardo Valentino Latuheru, dan Suriah Hanafi. Pengantar Pendidikan. CV Rey Media Grafika, 2023.

Lutfi, Anisiya Gita Rahmadani, dan Mohammad Riza Zainuddin. “Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Ix Pada Pembelajaran Agama Islam (Pai) Di Smpt Ar-Rosyid Tulungagung.” Al-Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 6, no. 1 (2024): 119–41.

Lutfiani, Ninda, Po Abas Sunarya, Shofiyul Millah, dan Sheila Aulia Anjani. “Penerapan Gamifikasi Blockchain dalam Pendidikan iLearning.” Technomedia Journal 7, no. 3 Februari (2023): 399–407.

Mahmud, Saifudin, dan Muhammad Idham. Strategi Belajar-Mengajar. Syiah Kuala University Press, 2017.

Mahyudi, Arni. “Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin 1, no. 2 (2023): 122–27.

Marina, Marina, Rasyimah Rasyimah, Dewi Kumala Sari, dan Kurniawati Kurniawati. “Pengayaan Kosa Kata Bahasa Inggris Untuk Pelajar Usia Muda Menggunakan Metode Total Physical Response (TPR).” Share: Journal of Service Learning 9, no. 1 (21 Juni 2023): 7–13.

Mattawang, Muh Rizal, dan Edy Syarif. “Dampak Penggunaan Kahoot Sebagai Platform Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran.” Journal of Learning and Technology 2, no. 1 (30 Juni 2023): 33–42.

Muammar, Muammar, dan Suhartina Suhartina. “Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak.” KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 11, no. 2 (2018): 176–88.

Mufliva, Rosiana, dan Johar Permana. “Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar sebagai Isu Prioritas dalam Upaya Membangun Masyarakat Masa Depan.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 12, no. 1 (2024).

Nur, Hafsah M., dan Nurul Fatonah. “Paradigma kompetensi guru.” Jurnal PGSD Uniga 1, no. 1 (2022): 12–16.

Nurjannah, Nurjannah. “Mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini melalui keteladanan.” Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam 14, no. 1 (2017): 50–61.

Nuryasana, Endang, dan Noviana Desiningrum. “Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 5 (29 September 2020): 967–74.

Pambudi, Ilham, Fajar Pradana, dan Fitra Abdurrachman Bachtiar. “Pengembangan Sistem Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Pendekatan Gamifikasi.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 3, no. 6 (25 Juli 2019): 5910–16.

Parihah, Ihah, Tita Rosita, Yus Alvar Saabighoot, dan Houtman Houtman. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kemampuan Berfikir Kreatif.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 8, no. 1 (2023): 25–34.

Rohman, Zainur, Ahmad Izza Muttaqin, dan Nasrodin Nasrodin. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama.” Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam 7, no. 2 (2023): hal. 237.

Samsiyah, Nur, dan S. Pd SD. Pembelajaran Bahasa Indonesia: Di Sekolah Dasar Kelas Tinggi. CV. AE MEDIA GRAFIKA, 2016.

Sarbaini, Weni, Servista Bukit, dan Siska Nidaul Khasanah. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di SDN 101835 Bingkawan Kecamatan Sibolangit.” Prosiding Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2022): 1–11.

Setiawan, Ariyono. “Analysis Of The Effect Of Knowledge On Entrepreneurship Readiness Using Random Forest Classification Machine Learning.” Technium Social Sciences Journal 23 (9 September 2021): hal. 136-138.

Sopan Adrianto, S. E. Mengapa Media Pembelajaran itu Penting? PT Elex Media Komputindo, 2022.

Subroto, Desty Endrawati, Supriandi Supriandi, Rio Wirawan, dan Arief Yanto Rukmana. “Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Pendidikan West Science 1, no. 07 (2023): 473–80.

Suhendra, Geldy. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Arduino Kit Pada Materi Dasar-Dasar Mikrokontroler Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh.” PhD Thesis, UIN Ar-Raniry, 2020.

Sulistyorini, Laras, dan Yeni Anistyasari. “Studi literatur analisis kelebihan dan kekurangan lms terhadap pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran pemrograman web di SMK.” IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 5, no. 01 (2020): 171–81.

Suryadi, Ahmad. Teknologi dan media pembelajaran jilid i. CV Jejak (Jejak Publisher), 2020.

Susanti, Wilda, S. Kom, dan M. Kom. Pembelajaran aktif, Kreatif, dan Mandiri pada mata kuliah algoritma dan pemrograman. Samudra Biru, 2021.

Syamli, Ah, and Abd Warits. “Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Madrasah dalam Mewujudkan Madrasah Bermartabat.” Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman 2, no. 2 (2019): 526–51.

Tafonao, Talizaro. “Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa.” Jurnal komunikasi pendidikan 2, no. 2 (2018): 103–14.

Tanjung, Wisudatul Ummi, dan Dian Namora. “Kreativitas Guru Dalam Mengelola Kelas Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7, no. 1 (5 Juli 2022): 199–217.

Tirtoni, Feri. “Pembelajaran terpadu di sekolah dasar.” Umsida Press, 2017, 1–550.

Tugino, Tugino, Muhammad Munadi, dan Khuriyah Khuriyah. “Pengaplikasian Teknologi Digital dalam Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (2023): 12028–40.

Warsita, Bambang Warsita Bambang. “Landasan teori dan teknologi informasi dalam pengembangan teknologi pembelajaran.” Jurnal Teknodik, 2011, 84–96.

Wibowo, Hamid Sakti. Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media, 2023.

Wiradhika, Nanda, Andoyo Sastromiharjo, dan Yeti Mulyati. “Pemanfaatan teknologi virtual reality untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa.” Dalam Seminar Internasional Riksa Bahasa, 396–401, 2020.

Yanti, Rinda, Raharjo Raharjo, Iskandar Rosyidin, Lalu Suhirman, Andi Fitriani Djollong, Ateng Kusnandar Adisaputra, Juliandry Kurniawan Junaidi, Aryawira Pratama, Djakariah Djakariah, dan Hi Ahmad Nurdin. ILMU PENDIDIKAN: Panduan Komprehensif untuk Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Zufiroh, Laili, dan Sairul Basri. “Tantangan guru pendidikan agama islam dalam menghadapi era society 5.0.” JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman 9, no. 01 (2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v14i1.3661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING