IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS II SDN KETEGUHAN

Ponidi Ponidi, Ida Ayu Putu Anggie Sinthiya, Erliza Septia Nagara

Abstract


ABSTRAK: Pelaksanaan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas II SDN Keteguhan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari penerapan model STAD.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Keteguhan. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model STAD dari pra siklus siswa yang tuntas mencapai 8 siswa dengan persentase 36%, pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa yang tuntas dengan persentase 64%, dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 19 siswa yang tuntas dengan persentase mencapai 86%. Terkait dengan adanya  peningkatan hasil belajar siswa ini peneliti bersama kolaborator menyampaikan pendapat bahwasannya model pembelajaran STAD ini sangat cocok diterapkan dalam proses pembelajaran, hal ini sebabkan banyaknya perubahan peningkatan hasil belajar di setiap tahapan yang dilaksanakan oleh peneliti.

Kata kunci : STAD, PKn, dan hasil belajar

ABSTRACT: The implementation of this research aims to improve learning outcomes in Civics subjects through the STAD learning model for class II students at SDN Keteguhan. This type of research is Classroom Action Research, with research subjects totaling 22 students. The object of this research is student learning outcomes obtained from implementing the STAD model.

The results of the research show that implementing learning through the STAD model can improve the learning outcomes of class II students at SDN Keteguhan. The increase in student learning outcomes using the STAD model from the pre-cycle of students who completed it reached 8 students with a percentage of 36%, in the first cycle it increased to 14 students who completed it with a percentage of 64%, and in the second cycle it increased again to 19 students who completed it with a percentage of 64%. 86%. Regarding the increase in student learning outcomes, the researcher and collaborators expressed the opinion that the STAD learning model is very suitable to be applied in the learning process, this has resulted in many changes in improving learning outcomes at each stage carried out by the researcher.

Keywords: STAD, Civics, and Learning Outcomes


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v13i2.3244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING