PENGEMBANGAN MEDIA PALIBAR (PAPAN LINGKARAN BERPUTAR) PADA TEMA CITA-CITAKU DI KELAS IV SD

Vivy Rizky, Dinda Yarshal

Abstract


ABSTRAK: Tujuan dari Penelitian ini untuk mengembangkan suatu media pembelajaran 3 dimensi atau alat peraga berupa Papan Lingkaran Berputar (Palibar) pada tema Cita-citaku siswa dikelas IV SD. Dari validasi kelayakan media Papan Lingkaran Berputar (Palibar) oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan reseach and development atau yang disingkat menjadi (R&D) dengan menggunakan model 4D memiliki kepanjangan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Rancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Diseminasi). Instrumen yang digunakan saat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan deskritif kualitatif dan diubah menjadi data kuantitatif. Berdasarkan penjelasan yang sudah dijelaskan maka terbagi menjadi 3 aspek diatas, Rata-rata penilaian secara keseluruhan terhadap respon guru terhadap media mendapatkan skor persentase sebesar 85,3%. Persentase ini masuk kategori sangat valid (Sangat Layak) untuk digunakan sebagai media dalam keaktifan pembelajaran siswa kelas IV SD pada tema Cita-citaku. Selanjutnya berdasarkan penjelasan yang dibagi menjadi 3 aspek, dengan rata-rata penilaian secara keseluruhan terhadap telaah validasi ahli media mendapatkan skor persentasi sebesar 86%. Persentase ini masuk kategori sangat valid (Sangat Layak) untuk digunakan sebagai media dalam keaktifan pembelajaran siswa kelas IV SD pada tema Cita-Citaku. Terakhir berdasarkan penjelasan yang dibagi menjadi 3 aspek, dengan rata-rata penilaian secara keseluruhan terhadap telaah ahli materi mendapatkan skor persentase sebesar 80%. Persentase ini masuk kategori valid (Layak) untuk digunakan sebagai media dalam keaktifan pembelajaran siswa kelas IV SD pada tema Cita-citaku.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Papan Lingkaran Berputar (Palibar)

ABSTRACT: The purpose of this study is to develop a 3-dimensional learning media or teaching tool in the form of a Rotating Circle Board (Palibar) on the theme of My Ambition in Class IV SD student. The validity of the Rotating Circle Board (Palibar) media was assessed by subject matter experts, media experts, and instructional experts. This research follows the research and development (R&D) approach using the 4D model: Define, Design, Development, and Dissemination. Data was collected using questionnaires. The data analysis technique involves qualitative description that was converted into quantitative data. Based on the explanations provided, the assessment is divided into three aspects. The overall average evaluation by teachers of the media's response received a percentage score of 85.3%, categorized as highly valid (Very feasible) for use as a learning media the theme My Ambition in class IV SD student. Furthermore, based on the divided explanations, the overall average evaluation by media experts received a percentage score of 86%, also falling under the highly valid category (Very feasible) for use as a learning media theme My Ambition in class IV SD Student. Lastly, based on the divided explanations, the overall average evaluation by subject matter experts received a percentage score of 80%, falling under the valid category (Suitable) for use as a learning media theme My Ambition in class IV SD student.

Keywords: Learning Media, Rotating Circle Board (Palibar)


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v13i2.3241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING