EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Hafni Rabbiani

Abstract


Abstrak:Permasalahan terkait kemandirian belajar siswa sering terjadi pada siswa salah satunya adalah siswa SMA. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan perbedaan skor dalam mengembankan kemandirian belajar siswa pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan informasi dengan menggunakan metode problem solving. Dengan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian ekperimen dan kontrol. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IIS Amir Hamzah dan kelas X IIS Adam Malik SMA Swasta Budi Agung Medan. Dengan menggunakan angket kemandirian belajar dan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji Kolmogorov Smirnov 2 Independen Sampels. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan tentang kemandirian belajar siswa pada kelompok eksperimen, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan informasi menggunakan metode problem solving. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan tentang kemandirian belajar siswa pada kelompok konrol, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan informasi. 3) Terdapat perbedaan kemandirian belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan layanan informasi dengan menggunakan metode problem solving.  Maka penerapan layanan inforamsi dengan menggunakan metode problem solving berjalan dengan baik.

Kata kunci: Layanan Informasi, Kemandirian Belajar, Metode Problem Solving.

ABSTRACT: Problems related to student learning independence often occur among students, one of whom is high school students. The aim of this research is to describe the difference in scores in developing student learning independence in the experimental group before and after being given information service treatment using the problem solving method. With the control group before and after being given information service treatment. This research is quantitative research with experimental and control research types. The objects of this research were class X IIS students Amir Hamzah and class X IIS Adam Malik Budi Agung Medan Private High School. By using a learning independence questionnaire and using the Wilcoxon Signed Ranks Test and the Kolmogorov Smirnov 2 Independent Samples test. Based on the results of the research conducted, there are: 1) There are significant differences regarding student learning independence in the experimental group, before (pretest) and after (posttest) with information services using problem solving methods. 2) There is a significant difference in student learning independence in the control group, before (pretest) and after (posttest) with information services. 3) There are differences in learning independence in the experimental group and the control group who were provided with information services using problem solving methods. So the implementation of information services using problem solving methods is going well.Keywords: Information Services, Learning Independence, Problem Solving Method.

Full Text:

PDF

References


Afandi, Muslim, Nail Hidaya Afandi, Syed Agung Afandi, dan Rizki Erdayani. “Measuring the Difficulties of Early Adulthood : The Development of the Quarter Life Crisis Scale” 8, no. 3 (2023): 167–76. https://doi.org/10.17977/um001v8i32023p167-176.

Bloom, Nicholas, dan John Van Reenen. “PENGARUH INTELEGENSI, MOTIVASI BELAJAR, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI KOTA MOJOKERTO.” NBER Working Papers 4, no. 2 (2013): 89.

Farid, Muhammad. “Implementasi Teori Bourdieu Dalam Upaya Menjaga Warisan Budaya Sunan Muria Pada Masyarakat Piji Wetan Desa Lau Kabupaten Kudus.” Jurnal Penelitian 15, no. 2 (2022): 278. https://doi.org/10.21043/jp.v15i2.11305.

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. “Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2020): 3(2), 524–32.

Fitri Emiria., Neviyarni, dan Ifdil. “Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar.” Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling 2, no. 2 (2016): 84.

Haritani, Hartini, dan Muhammad Khairul Wazni. “Pengaruh Model Discovery Learning Terintegrasi Tahfizh Al Qur ’ an Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP” 18, no. 2 (2023): 223–32. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.23933.

Haryono, Bagus. “Enhancing Comprehensive Mastery of Qualitative Research Methodology for Students Through the Deconstruction of the Eid al-Fitr Greeting Model” 11, no. 2 (2023): 288–309. https://doi.org/10.33019/society.v11i2.399.

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, Sapna Andani Batubara, Masitah Khairani, dan Eka Anggraini Siagian. “Telaah Kurikulum Dari Masa Ke Masa: Studi Evaluasi.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5, no. 3 (2023): 313–19.

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, dan Fitri Yuliawati. “Penerapan Prinsip Dan Praktik Demokrasi Integrasi Kurikulum Terpadu Student Centering Di Kota Medan.” Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 1 (2021): 102–16.

Hasibuan, Zainal, dan Gede Dantes. “Priority of Key Success Factors (KSFS) on Enterprise Resource Planning (ERP) System Implementation Life Cycle.” Journal of Enterprise Resource Planning Studies 2012 (2012): 1–15. https://doi.org/10.5171/2011.122627.

Jasman, Jasman, Anggi Fitria, Thaheransyah Thaheransyah, dan Sri Sugita. “Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa tentang Perilaku Konsumtif.” Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan Konseling Islam 6, no. 1 (2022): 123. https://doi.org/10.29240/jbk.v6i1.4171.

Maftuhin Maftuhin. “Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Metode dalam Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa.” Educatio 16, no. 1 (2021): 24–36. https://doi.org/10.29408/edc.v16i1.2831.

Rahmawati, Ulfah. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri: Studi terhadap Kegiatan Keagamaan di Rumah TahfizQu Deresan Putri Yogyakarta.” Jurnal Penelitian 10, no. 1 (2016): 97. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1332.

Ridha. “Task Commitment terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal of Counseling, Education and Society 2, no. 1 (2017): 80.

Ririn, Renilda, Hedi Budiman, dan Guntur Maulana Muhammad. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Solving.” Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 1 (2021): 1. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.772.

Sakinah, Nadir. “‘Otonomi Daerah dan Desentralisasi Desa.’” Jurnal Politik Profetik 1, no. 1 (2013): 35–50.

SANDI, NOFAN HIRU, SRI HARTINI, AGUNG BUDI PRABOWO, dan RINI SISWANTI. “Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Pagar Gunung.” ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah 2, no. 3 (2022): 230–36. https://doi.org/10.51878/action.v2i3.1388.

Sappaile, Nursiah. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Sikap Profesi Guru Tehadap Kinerja Penilaian Guru di Sekolah Dasar.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 19, no. 1 (2017): 66–81.

Sari, Rizki Intan. “Analisis Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XII MAN 1 Batang Hari.” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 5, no. 2 (2019): 296–304. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1436.

Setyaningrum, Wahyu, Nur Khikmah, Universitas Islam, dan Negeri Walisongo. “Peran Guru Kelas Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Bimbingan Konseling Sosial” 7, no. 2 (2023): 305–16.

Zafi, Ashif Az, dan Maisyanah Maisyanah. “The Internalization Entrepreneurship Values of Students at Al Fahham Islamic Boarding School Purworejo.” Jurnal Penelitian 17, no. 1 (2023): 1. https://doi.org/10.21043/jp.v17i1.19666.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v14i1.3240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING