PENGEMBANGAN (LKPD) BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI PERKALIAN

Nurliyani Nurliyani

Abstract


Penguasaan konsep akan memudahkan siswa dalam mempelajari suatu materi perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan LKPD dalam meningkatkan pemahaman peserta didik di kelas 3 SD Negeri 058250 Perdamaian pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model ADDIE sugiyono diadopsi melalui Robert Maribe Branch. Sampel yang digunakan berjumlah 22 peserta didik. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan  dalam penelitian ini menggunakan uji kevalidan, uji kelayakan dan nilai n-gain. Temuan penelitian ini bahwa pengembangan LKPD berbasis saintifik pada materi perkalian berdasarkan nilai yang diberikan oleh validator ahli media dan ahli materi dinyatakan valid memperoleh nilai materi sebesar 4,53  dan ahli media 4,2. Maka dapat dikatakan bahwa keduanya masuk dalam kategori sangat valid. Media pengembangan LKPD berbasis saintifik pada materi perkalian dinyataka praktis, diperoleh dari 22 peserta didik dan guru setelah menggunakan produk memperoleh 65,53 dalam kategori sangat praktis. Media pengembangan LKPD berbasis saintifik pada materi perkalian dinyataka efektif, dilihat dari nilai n-gain memperoleh perbedaan hasil sebelum dan sesudah menggunakan produk terjadi peningkatan rata-rata dari 61,59 menjadi 88,86. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis saintifik untuk meningkatkan pemahaman pada materi perkalian sekolah dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Media LKPD ini memiliki kekurangan dan kelebihan, maka perlu dilakukan penelitian lanjutan. 

Kata Kunci : LKPD, Pemahaman Matematika, Saintifik, Perkalian

Full Text:

PDF

References


Almalli, K, Kurniwalti, Y. & Zulhiddalh, Z. (2019). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik Berbalsis Salins Teknologi Malsyalralkalt Paldal Maltal Pelaljalraln IPAl di Sekolalh Dalsalr. Journall of Nalturall Science alnd Integraltion, 2 (2), 70.

Calhyaldi, R. Al. H. (2019). Pengembalngaln Balhaln Aljalr Berbalsis Alddie Model. Hallalqal: Islalmic Educaltion Journall, 3 (1), 35.

Dalhalr, W. R. (2006) . Teori-Teori Belaljalr daln Pembelaljalraln. Yogyalkalrtal: Pustalkal Belaljalr.

Dalryalnto. (2014). Pendekaltaln Pembelaljalraln Salintifik Kurikulum 2013. Yogyalkalrtal: Galval Medial.

Depdiknals. (2008). Palndualn Pengembalngaln Balhaln Aljalr. Jalkalrtal: Depdiknals.

Faljalrini, Al. (2018). Membongkalr Ralhalsial Pengembalngaln Balhaln Aljalr IPS. Jember: Gemal PRESS.

Halmdalni, D. E. & Salkti, I. 2012. Pengalruh Model Pembelaljalraln Generaltif dengaln Menggunalkaln Allalt Peralgal Terhaldalp Pemalhalmaln Konsep Calhalyal Kelals VII di SMP Negeri 7 Kotal Bengkulu. Jurnall Exalctal. 10 (1): 79-88.

Hosnaln. (2014). Pendekaltaln Salintifik Daln Kontekstuall Dallalm Pembelaljalraln Albald 21. Bogor: Ghallial Indonesial

Jowital, v., N. (2017). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik (Lkpd) Menggunalkaln Model Problem Balsed Lealrning Paldal Temal 4 Sehalt Itu Penting Subtemal 3 Lingkungaln Sehalt Di Kelals V Sd Negeri 55/I Sridaldi. 1-10

Joyce, Weil. 2016. Models of Tealching Model Pembelaljalraln Edisi 9. Yogyalkalrtal: Pustalkal Belaljalr.

Kosalsih, E. (2017). Straltegi Belaljalr daln Pembelaljalraln Implementalsi Kurikulum. Balndung: Yralmal Widyal.

Negalral, S, H. (2016). Konsep Dalsalr Maltemaltikal untuk PGSD. Lalmpung: Alnugralh Utalmal Ralhalrjal.

Rusmaln. (2015). Pembelaljalraln Temaltik Terpaldu (Teori, Pralktik daln Penelitialn). Jalkalrtal: Raljalwalli Press.

Setyosalri, P. (2013). Metode Penelitialn Pendidikaln daln Pengembalngaln. Jalkalrtal: Kencalnal Prenaldalmedial Group

Sugiyono. (2015). Metode Penelitialn daln Pengembalngaln: Resealrch daln Development. Balndung: Allfalbetal.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitialn Kualntitaltif, Kuallitaltif, daln RnD. Balndung: Allfalbetal.

Sujalrwalntal, Al.“Mengkondisikaln Pembelaljalraln IPAl Dengaln Pendekaltaln Salintifik (Nalturall Science Lealrning Conditionall With Salintific Alpproalch)”. Jurnall Nualsal Kependidikaln, Vol 16 Nomor 1 November, 2012.

Sukmalwalti, N. (2017). Pengembalngaln LKPD Berbalsis PBL Paldal Malteri Perbalndingaln daln Skallal SMP Kelals VII. Balndalr Lalmpung.

Sulalimaln, H, F. (2004). System Pendidikaln Versi all Ghalzalli. Balndung: All-Malalrif.

Suyalnto, S. dkk. (2011). Lembalr Kerjal Siswal. Malkallalh. Yogyalkalrtal: FMIPAl UNY

Trialnto. (2010). Mendesign Model Pembelaljalraln Inovaltif-Progresif (Konsep, Lalndalsaln, daln Implementalsinyal Paldal Kurikulum Tingkalt Saltualn Pendidikaln). Jalkalrtal: Kencalnal.

Pralstowo, Al. (2014). Palndualn Krealtif Membualt Balhaln Aljalr Inovaltif. Yogyalkalrtal: Dival Press.

Widalyalnti, Y, E. (2009). Pembelaljalraln Maltemaltikal, Lealrning Alssistalnce Progralm for Islalmic Scholls; Pendidikaln Guru Maldralsalh Ibtidaliyalh.

Wulalndalri. (2013). “Pengembalngaln Lembalr Kerjal Siswal Berbalsis Cerital Bergalmbalr Paldal Malteri Sistem Pencernalaln Di SMP”. Jurnall Biologi. Semalralng: Universitals Negeri Semalralng.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v13i1.2748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING