PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Ummy Azizah Harahap, Masringgit Marwiyah Nst

Abstract


Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran TANDUR Terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas IV MIS Bidayatul Hidayah.”Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1)  Hasil belajar siswa di kelas kontrol tanpa menggunakan strategi pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami. Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) pada mata pelajaran IPA di kelas IV di MIS Bidayatul Hidayah 2) Hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami. Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) pada mata pelajaran IPA di kelas IV di MIS Bidayatul Hidayah. 3) Pengaruh yang signifikan dengan penggunaan strategi pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami. Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) pada mata pelajaran IPA di kelas IV di MIS Bidayatul Hidayah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment (eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas  yang  berjumlah 62 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah validasi oleh tim ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Berdasarkan dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) hasil belajar IPA pada kelas kontrol (IV-C) tanpa menggunakan strategi  diperoleh rata-rata post test 74,19. 2) hasil belajar IPA pada kelas eksperimen (IV-B) dengan menggunakan strategi pembelajaran TANDUR  diperoleh rata-rata post test 84,84. 3) berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh strategi pembelajaran TANDUR berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,680 > 2,000 (n=31) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran TANDUR berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Bidayatul Hidayah Pasar VII Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan.

Kata Kunci : Pembelajaran, Strategi TANDUR, Hasil Belajar  Siswa

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Sani & Ridwan. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok : Raja Grafindo Persada.

Afsan, Maulana. (2017). Hubungan Gaya Mengajar Guru Fisika MTS Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Aka, Kukuh A. (2016). “Model Quantum Teaching Dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pkn. Jurnal Pedagogia. 5 (1) .

Aris Shoimin, (2018), Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media.

Aris, Shoimin. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Asril, Zainal. (2016). Micro Teaching Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Cahyo Apri Setiaji. (2019). Strategi Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Diana Puspa Karitas, Fransiska Susilawati, Irene Maria Juli Astuti. (2017). Cita-Citaku / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,.

Diklat Kementerian Agama RI. (2019). Al-Quran dan Terjemahnya Edisi Penyempurnaan 2019. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an.

Hayati, Siti H.(2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran TANDUR terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Bontonompo Gowa (Hidrolisis Garam). Jurnal Chemica. 17 (1).

Indra Jaya dan Ardat. (2017). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Bandung : Citapustaka Media Perintis.

Jayanti, Fitri & Hidayanti. (2015). “Penerapan Strategi Heuristik Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di Kelas X SMAN 9 Padang”. Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains. 1(2).

Junaidah. (2015). Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam.

Karwono dan Heni Mularsih. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Marisda, Dewi Hikmah. 2018. “Peningkatan Aktivitas dan Ketuntasan Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI Keperawatan Medis melalui Model Pembelajaran Langsung Berbantukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Kesehatan”. Jurnal Pendidikan Fisika. 6 (2).

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru.

Nurmidayanti. (2021). Skripsi Penerapan Model Pembelajaran Tandur Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Lemoa Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa . Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.

Rambe, N. R,dkk. (2021). “Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Literasi Sains dengan Metode Eksperimen di Sekolah Dasar”. Jurnal Guru Kita. 6 (1)

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) Cetakan 10 Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Suherti, Euis dkk. (2017). Bahan Ajar Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Bandung : FKIP Universitas Pasundan.

Supramono, Agus. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum (Quantum Teaching) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sd Yps Lawewu Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan. 4 (2).

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syahrum dan Salim. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung : Citapustaka Media.

Syamsyidah, Hamidah Suryani. (2018). MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Yogyakarta : DEEPUBLISH.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Udin Syaefudin Sa’ud. (2018). Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta,.

Wahyudin Nur Nasition. (2017). Strategi Pembelajaran, Medan: PERDANA PUBLISHING,h.126-127.

Wahyuni, Tri. (2017). Pengaruh Praktikum Virtual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Widiasworo, Erwin. (2018). Strategi Pembelajaran Edu Tainment berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Yahya, H. (2017). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sms Islam Terpadu AlFityan Gowa”. Jurnal Biotek. 5




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v13i1.2747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING