PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV MIS ANNUR BANDAR KHALIPAH

Bunga Permata Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana keterampilan berbicara siswa dikelas kontrol tanpa menggunakan media gambar seri di kelas IV di MIS An-Nur Bandar Khalipah, (2) Bagaimana keterampilan berbicara siswa dikelas experimen dengan menggunakan media gambar seri di kelas IV di MIS An-Nur Bandar Khalipah, (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan berbicara siswa di kelas IV di MIS An-Nur Bandar Khalipah. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasy eksperimen), dengan design penelitian pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini sebanya 2 kelas dengan jumlah keseluruhan 38 siswa yaitu Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Temuan penelitian ini sebagai berikut : (1) Keterampilan berbicara siswa dikelas kontrol tanpa menggunakan media gambar seri di kelas IV di MIS An-Nur Bandar Khalipah diperoleh nilai rata-rata dari hasil tes awal (pretest) sebesar 58,20 sedangkan postest memperoleh 78,05, (2) Keterampilan berbicara siswa dikelas experimen dengan menggunakan media gambar seri di kelas IV di MIS An-Nur Bandar Khalipah diperoleh dari hasil tes awal (pretest) sebesar 68,72 sedangkan postest memperoleh 90,89, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media gambar dalam pembelajaran terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV MIS An-Nur Bandar Khalipah dibuktikan dengan skor t hitung> t tabel dan skorsignifikansi < 0,05. Maka dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini dapat di terima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran menggunakan media gambar seri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MIS An-Nur Bandar Khalipah Tahun Ajaran 20211/2022.

Kata Kunci: Media Gambar Seri, Keterampilan Berbicara.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arjad dan Mukti. (1988). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arysad Azhar. (2011). Media Pembelajaran Cet ke-14. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Linguis dan Tarigan. (2015). Berbicara Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Munadi Yudhi. (2008). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nurgiantoro Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbaris Kompetensi. Yogyakarta: BPPE.

Ridwan Dindin. (2015). Bahasa Indonesia. Jakarta: UIN Press.

Sadiman Arief S., dkk. (2007). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada.

Santrock, J. W. (2007). Perkembanga Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Setyonegoro Agus. (2013). Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara (Dasar Pembangunan Kemampuan Berbicara Mahasiswa). Jambi: FKIP Universitas Jambi.

Sudjana, dkk. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Sunarti dan Subana. M. (2011). Setrategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesi: Berbagai Pendekatan, Metode, Teknik dan Media Pengajaran Cet ke-3. Bandung: Pustaka Setia.

Syibli Maufu dan Susi Lisnawati. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon”. JURNAL PENDIDIKAN GURU MI, VOL, 4. NO. 2 (Oktober 2017).

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Cet Ke 5. Jakarta: Kencana.

Yus Anis. (2011). Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Zubaidah Enny. (2005). Pengembangan Anak usia Dini. Yogakarta: FIP UNI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v13i1.2746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING