EFEKTIVITAS METODE PICTURE & PICTURE DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV MIS MUHAJIRIN MEDAN POLONIA

Asri Suhaili

Abstract


Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Picture & Picture dalam keterampilan menulis puisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIS Muhajirin Medan Polonia. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan metode Picture & Picture dalam keterampilan menulis puisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIS Muhajirin Medan Polonia sudah sesuai dengan pedoman metode Picture & Picture dan sesuai rpp yang diterapkan guru. 2) Efektivitas metode Picture & Picture dalam keterampilan menulis puisi diantaranya: siswa terbuka pikiran dalam mengerjakan tugas keterampilan menulis puisi, dapat mengeluarkan ide gagasan serta kreativitas dalam membuat puisi, dan lebih cepat menyelesaikan pengerjaan puisi. 3)  Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode Picture & Picture dalam keterampilan menulis puisi diantaranya: mudah dipahami siswa dalam pembelajaran menulis puisi, sejalan dengan prinsip materi guru dalam pembelajaran menulis puisi

Kata Kunci : Efektivitas, Metode Picture & Picture, Puisi

Full Text:

PDF

References


Aswita Lubis, Effi., 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Medan: Unimed Press.

Ayuning Tyas, Laily., 2021. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Picture and Picture, Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol. 1, No. 1.

Dewantara, Jagad Aditya., T Heru Nurgiansyah. 2021. Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Picture and Picture Dalam Pembelajaran PPKn Di Sekolah Dasar, Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 11, No. 3.

Fauziddin, Moh., Diana Mayasari. 2018. Pemanfaatan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 2, No. 1.

Hasan, Muhammad dkk, (2021), Landasan Pendidikan, Klaten: CV Tahta Media Group.

Ikhwanudin Nasution, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi, Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 6, No. 1.

Iskandar, Jamaluddin. 2017. Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Vol 1, No. 1.

Jaryati, Nuning ., Treny Hera, Rury Rizhardy, 2022. Pengaruh Metode Picture & Picture Terhadap Hasil Belajar IPA, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4, No. 3.

Mabruri, Zuniar Kamaluddin. 2020. Kajian Tipografi Puisi-Puisi Indonesia, Jurnal Penelitian bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia, Vol. 3, No. 1.

Miles, Mathew B. & A. Michael Huberma. 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mustikowati, Dewi., Eka Wijayanti, Julung Darmanto. 2016. Meningkatkan Semangat Membaca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar Dengan Permainan Kata Bersambut, Jurnal Riset dan Konseptual, Vol. 1, No. 1.

Mundziroh, Siti., Andayani, Khundaru Saddhono, 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Dengan Metode Picture And Picture Pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, Vol. 2, No. 1.

Oktaviana, Eva ., Chrisnaji Banindra Y, Maria Ulfa, 2019. Pengajaran Menulis Puisi Menggunakan Metode Picture & Picture. Jakarta: STKIP Kusuma Negara Publishing.

Permana, Deifan., Dian Indihadi, 2018. Penggunaan Media Gambar Terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 5, No. 1.

Rahmawati, Mega., Edi Suryadi. 2019. Guru Sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 4, No. 1.

Rozak, Abdul., Dede Endang Mascita & Sri Astuti, 2018. Kajian Puisi Anak Dan Bahan Ajar Tematik Bahasa Indonesia Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 5, No. 1.

Salmiati, 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Parafrase Menggunakan Metode Mind Mapping, Jurnal Pelangi, Vol. 8, No. 1.

Sari Siregar, Rosmita dkk, (2021), Dasar Dasar Pendidikan, Medan: Yayasan Kita Menulis,

Saskia, Dwi Ainaiyah ., Sri Awan Asri, Syamzah Ayuningrum. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Picture And Picture Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal stkip kusumanegara.

Syafril, Zelhendri Zen, 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Depok: Kencana.

Sujana, Wayan Cong. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1.

Zulfaridah, 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Picture And Picture Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 060890 Kecamatan Medan Polonia, Jurnal Kajian Pendidikan dan Pendidikan Dasar, Vol. 7, No. 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v13i1.2745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING