PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PUISI DI KELAS V (MIS) ISLAMIYAH LONDUT KEC. KUALUH HULU KAB. LABUHANNBATU UTARA

Khairina Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui (1) hasil belajar dengan menggunakan konvensional; (2) hasil belajar dengan menggunakan kooperatif tipe NHT; (3) pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini ialah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh kelas V di Miss Islamiyyah Londut. Sampel ditentukan melalui Teknik total sampling . Berdasarkan Teknik tersebut diperoleh kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas control. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar Bahasa Indonesia yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistic inferesial. Penelitian ini menemuan bahwa (1) Hasil belajar siswa pada kelas V B atau kelas kontrol yang menggunakan model belajar konvensional rata-rata 43, 5; (2) Hasil belajar siswa di kelas V A atau kelas eksperimen dengan menggunakan meodel belahat NHT rata-rata 81,5; (3) Berdasarkan hasil uji T diperoleh Thitung>Ttabel  yaitu 2,71>2,00 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modle belajar NHT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD di Miss Islamiyyah Londut.

Kata Kunci: Model kooperatif Tipe Numberhed Head Together (NHT0 dan Hasil belajar Siswa.


Full Text:

PDF

References


A.Bakar,Rosdiana, 2012, Pendidikan Suatu Pengantar, Bandung : Citapustaka Media Perintis.

Arifin, Zaenal dan Amran Tasai, 2010, Cermat Berbahasa Indonesia, Jakarta: Akademika Presindo.

Arikunto, Surasimi, 2008, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Dan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.

Asep Jihad, Abdul Haris, 2012, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo.

Asrul, Syafaruddin, 2013, Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer, Bandung : Citapustaka Media.

Aunurrahman, 2010, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT. Alfabeta.

Cahyani, Isah, 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Darismen, 2008, Berbahasa Indonesia, Jakarta : Rineka Cipta.

Daryanto, 2010, Belajar Mengajar, Bandung: CV Yrama Widya.

Departemen Agama RI, 2011, Al-Hikmah Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Diponegoro.

Departemen Agama RI, 2010, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Jilid X, Jakarta: Lentera Abadi.

Departemen Agama RI, 2011, Al-Hanan Al-Qur’an dan Terjemahannya, Semarang: Raja Publishing.

Dimayati, 2010, Mari Belajar Bahasa Indonesia untu Kelas 5 SD, Jakarta : Yudistira.

Hamdani, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung : CV. Pustaka Setia.

Hamdayama, Jumanta, 2014, Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor : Ghalia Indonesia.

Herdian, 2009, Model Pembeljaran NHT, Jakarta : Rineka Cipta.

Hermiati,2012, Model Pembelajaran.Yogyakarta; Aswaja Pressindo.

https://e-journal.undiksa.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/11020/ diakses tanggal 2 januari 2018 pukul 23:00.

http//repository.upi.edu/skripsiview.PGSD.php_no_skripsi=2541(tanggal akses,tgl 2 januari 2018 pukul 23:00.

http://eprints.uny.ac.id/5495/ di akses tgl 2 januari 2018 pukul 23:00.

http://download.portalgaruda.org/article.php/article=346434&val=1342&titledi akses tgl 2 januari 2018 pukul 23:00.

http://eprints.uny.ac.id/5495/ di akses tgl 2 januari 2018 pukul 23:00.

Hosnan, 2014, Pendekatan Saintifik dan Konstektual dan Pembelajaran Abad 21, Bogor : Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul, 2014, Cooperative Learning, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul, 2014, Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

I Imran & Retnomurti B,A, 2009, The Equivalence and Shifts in The English Translation of Indonesia Noun Phrass, Jakarta : Univ. Gunadarm, hal.576.

Isjoni, 2009, Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni, 2011, Cooperative Learning, Bandung : Alfabeta.

Isjoni, 2013, Cooperative Learning, Bandung : Alfabeta.

Istiqomah, M. Sulton, 2015, Sukses Uji Kompetensi Guru, Jakarta: Dunia Cerdas.

Jaya,Indra, 2010, Statistik Penelitian Untuk Pendidikan. Medan: Cita Pustaka.

Jihat, Asep dan Suyanto, 2013, Menjadi Guru Propesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global), Jakarta : Esesnsi Erlangga Group

Komalasari,K, 2013, Pembelajaran Kontekstual, Bandung : Refika Aditama.

Kuneifi,Amin, 2016, Pengantar Pendidikan, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani, 2015, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Bandung : Kata Pena.

Mahsun, 2011, Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya , Jakarta: Rajawali.

Masitoh, 2009. Strategi Pembelajaran. Jakatya : Departemen Agama Republik Indonesia.

Muhammad Nashhiruddin Al Albani, 2012, Mukhtashar Shahih Al Imam Al Buhkari jilid 1,Jakarta: Pustaka Azzam.

Musfiqon, 2012, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajara,Jakarta : Prestasi Pustakaraya.

N,Asma, 2008, Model Pembelajaran Kooperatife. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Nur’aini, Umri dan Indriyani, 2008, Bahasa Indonesia untuk SD/MIN Kelas V, Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Nurmawati , 2015, Evaluasi Pendidikan Islam, Bandung : Citapustaka Media.

Prasetyo, Bambang, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta : Rajawali Pers.

Pusat Bahasa Depdiknas, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga), Jakarta : Balai Pustaka.

Ruhiat,A, 2014, Profesional Guru Berbasis Pengembangan Kompetensi, Bandung : CV.Wahana Iptek.

Sabri, Ahmad, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Ciputat: Quantum Teaching.

Salminawati, 2012, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : Citapustaka Media Perintis.

Shihab, M. Quraish, 2009, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati.

Shoimin, A, 2016, 65 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Slameto, 2008, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono, 2014, Statistik Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana, 2011, Penilaian Hasil Belajar mengajar, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sukardi, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Sumantri, 2015, Strategi Pembelajaran : teori dan praktik, Jakarta :Rajawali Pers.

Suprijono, Agus, 2014, Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem, Yogyakarta : Pustaka pelajar.

Susanto, Ahmad, 2013, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta :Prenadamedia Group.

Syafaruddin, dkk, 2014, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Hijri Pustaka Utama.

Trianto, 2009, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Jakarta : PT. Prestasi Pusaka.

Trianto, 2010, Desain Pengembangan Pembelajaran Temati, Jakarta:Kencana Prenada,Media Group.

Trianto, 2011, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta:Kencana.

Undang – Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : CV. Mini Jaya Abadi.

Wahyudi,Imam, 2012, Mengejar Profesionalisme Guru Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesional, Jakarta : Prestasi Pustakaraya.

Wahyuni , Rina, 2009, Mari Belajar Bahasa Indonesia, Yogyakarta : Cipta Perintis.

Warsono, 2012, Pembelajaran Aktif, Bandung : PT. Rodaskarta.

Yahya,N. & K. Huie, 2004, Reaching English language Learners Through Cooperative Learning, Jakarta :Alfabeta.

Yunus Ali Al Muhdhor, (1994), Ringkasan Shahih Bukhari, Semarang: CV. Asy Syifa’.

Zuhri, Mohammad, 2003, Terjemahan Sunan At-Tirmidzi IV, Semarang: CV.Asy-Syifa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v12i2.2260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING