PERAN ORANG TUA DAN GURU PADA MINAT BELAJAR DALAM KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SD NEGERI 107403 CINTA RAKYAT KECAMATAN PERCUT SEI TUAN (Studi Kasus Pada Kemampuan Membaca Siswa)

Nur Ardilla, Salminawati Salminawati, Lailatun Nur Kamalia Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan membaca siswa, (2) Peran guru dan orang tua pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa, (3) Faktor pendukung dan penghambat guru dan orang tua pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif  dengan metode atau pendekatan studi kasus Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu: (1) Kemampuan membaca siswa tergantung dari kemauan siswa untuk belajar membaca. Hal ini disebabkan karena adanya faktor orang tua, keluarga dan kesadaran siswa masih rendah dalam belajar membaca. (2) Peran guru pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa yaitu yaitu guru sebagai organisator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing dan guru sebagai motivasi, sedangakan Peran orang tua pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa yaitu orang tua sebagai pendidik bagi anak, orang tua sebagai guru dan orang tua sebagai fasilitator, (3) Faktor pendukung dan penghambat guru dan orang tua pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa yaitu: a). Faktor pendukung guru pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa yakni sarana dan prasarana, waktu khusus sebelum masuk jam pelajaran dan keluarga. b). Faktor penghambat  guru  pada minat belajar dalam  kemampuan membaca siswa yakni keluarga, siswa dan lingkungan. sedangkan yaitu: a). Faktor pendukung orang tua pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa yakni adanya peran guru wali kelas disekolah yang meluangkan waktu khusus untuk mengajar kan siswa yang tidak bisa membaca. b). Faktor penghambat orang pada minat belajar dalamkemampuan membaca siswa yakni faktor pendidikan orang tua masih rendah, kurangnya kesadaran anak dalam belajar membaca, dan lingkungan keluarga yang belum mencontohkan kebiasaan membaca, padahal jika  orang tua dan keluarga memberikan contoh yang baik anak akan meniru apa yang dicontohkan orang tua dan keluarga

Kata Kunci: Peran Orang Tua dan Guru, Minat Belajar, Kemampuan   Membaca


Full Text:

PDF

References


Ahmad Izzan dan Saehudin, 2016, Hadis Pendidikan “Konsep Pendidikan Berbasis Hadis”, Bandung: Humaniora.

Ahmadi Farid, 2021, Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring, Semarang: Qahar Publisher.

Arianti, Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Vol. 12 No 2 (Desember 2018), 127

Arifa Dewi, 2017, Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen Dengan Metode P2R, Malang: Media Nusa Creative.

Ayuniar,Affandi, dan Setiawan, “Upaya Guru Dalam Mengajarkan Keterampilan Membaca Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19 SDN Gugus IV Kecamatan Pujut”, Vol. 2 No.1 (Januari 2021)

Dimyati Azima, 2019, Pengembangan Profesi Guru, Lampung: CV.Gree Publishing.

Dirwan, “Perintah Membaca dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan (Surah Al-Alaq)”, Vol. 4 No. 2 (2018).

Emilia Deska, “Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Di SD Negeri 64 Bengkulu Selatan Desa Suka Nanti Kecamatan Kedurang”, (Bengkulu: Skripsi IAIN Bengkulu).

Fitriyaningsih, “Implementasi Program Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar”, Vol. 5 No. 1 (2021)

Harry Rizky Wahyudi, dkk. “Penyedian Pojok Baca dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak di Dusun Daringo Penyedian Pojok Baca dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak di Dusun Daringo” Vol 1 No: XLV (Desember 2021) hlm. 47

Hendra Budiono dan Muhammad Abdurrohim, “Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi (COMMUNICATION)Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Teratai”, Vol. 8 No.1, (juni 2020)

Idi Warsih, 2020, Pendidikan Islam Dalam Keluarga, Palembang: Tunas Gemilan Press.

Kadir Abdul, dkk, 2012, “Dasar-Dasar Pendidikan”, Jakarta: KENCANA.

Lin Suciani Astuti, Penguasaan Konsep Ipa Ditinjau Diri Konsep Diri Dan Minat Belajar Siswa, Vol. 7 No. 1 (2017)

Lutfi Rachman, “Peran Orang Tua Terhadap Anak Perspektif Pendidikan Islam”, Vol. 7 No.2, (November 2017)

Mamik, 2015, Metodologi Kualitatif, Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Mardianto, 2019, Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.

Mardiyah, “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak”, Vol. 3 No. 2 (November 2015)

Naniek Kusumawati dan Endang Sri, 2019, Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar, Jawa Timur: CV.AE Media Grafika.

Nurhadi, 2016, Teknik Membaca, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurkholidah Riris, 2018, “Bahasa dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah”

Putra Oriza, “Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Dasar Membaca Siswa Kelas I Di SDIT Al-Qiswah”, (Bengkulu: Skripsi IAIN Bengkulu)

Putri Diana, Peran dan Pengembangan Industri Kreatif Dalam Mendukung Pariwisata, Vol. 17 No. 2, (2017)

Rahardjo,2017, “Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya”. Malang: Program Pascasarjana IUN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rasyid Ainur, 2017, Hadist-Hadist Tarbawi, Yogyakarta:DIVA Press.

Revina Petrika, “Analisis Penggunaan Media Bigbook Untuk Keterampilan Membaca Pemulaan Siswa Kelas 1 MI Assalam Batu”, Vol. 3 No. 1, (2021)

Rifa’i Muhammad, 2017, Sejarah Pendidikan Nasional, Jogjakarta:AR-RUZZ MEDIA.

Rizqiyatus Shohibah, “Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Sekolah Dasar” (April 2017), 259

Rosdiana A. Bakar, 2015, Dasar-Dasar Kependidikan , Medan: CV.Gema Ihsani.

Safitri Dewi, 2019, Menjadi Guru Profesional, Riau: PT. Indragiri.

Salim, 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Citapustaka Media.

Samsul Nizar dan Zainal Efendi, 2018, Pendidikan Ideal Bangun Character Building, Depok: Kencana.

Shilphy Octavia, 2019, Sikap Dan Kinerja Guru Profesional, Yogyakarta: Deepublish.

Siti Munawati dan Alif, 2020, “Peran Guru, Orang Tua dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19”, Serang: 3M Media Karya.

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Wiwin Sunarsih, 2020, Pembelajaran CTL (Contextual Teach and Learning), Bandung: CV. Adanu Abimata.

Yula Anggriani, “Pemanfaatan Gadget Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Di Keluarga”, Vol. 10 No. 2 (Desember 2020)

Yusuf Muri, 2017, Metode Penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v12i2.2259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING