HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN KINESTETIK DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA. KARYA PANCA BUDI LUBUK PAKAM T.A 2020/2021
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah (1) untuk mengetahui kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun RA Karya Panca Budi Lubuk Pakam T.A. 2021/2022; (2) untuk mengetahui perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun RA Karya Panca Budi Lubuk Pakam T.A. 2021/2022; (3) untuk mngetahui ada tidaknya hubungan antara keccerdasan kinsetetik anak dengan kecerdasan motorik kasar anak RA Karya Panca Budi Lubuk Pakam T.A. 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuisioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Teknik korelasi produt moment. Populasi dan sample dalam penelitian ini sama berjumlah 30 orang. Dari hasil penelitian bahwa terdepat hubungan antara kecerdasan kinestetik dengan perkembangan motoric kasar anak sebear 0,741 atau 74%. Berdasarkan uji hipotesisi diperoleh bahwa nilai Thitung lebih besar dari nilai Ttabel (5,841>2,045) sehingga dapat dikatakan signifikan. Kecerdasan kinestetik anak dengan perkembangan motoric asar anak di RA Karya Panca Budi Lubuk Pakam berkembang sesuai harapan. Semakin tinggi kecerdasan kinestetik anak maka perkembangan motoric kasar anak juga akan semakin tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan kinestetik anak dengan perkembangan motoric kasar anak usia dini.
Kata Kunci: kecerdasan kinestetik, perkembangan motorikkasar.
Full Text:
PDFReferences
Nata Abuddin. 2009. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Aktavia Addiyanah. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Metode Outdoor Games Dengan Media Dadu Raksasa. FKIP UMP.
Farida Aida. 2016. Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhah: Vol. IV. No. 2. ISSN: 2338 – 2163.
Pitakasari Ajeng Ritzki. Bocah Dengan Kecerdasan Kinestetik Jangan Dilemahkan, dalam (http://republika.co.id, diakses Selasa, 05 Februari 2013, 08:24 WIB.
Yus Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Acesta Arrofa. 2019. Kecerdasan Kinestetik Dan Interpersonal Serta Pengembangannya. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Amalia Dian Dwi, dkk, Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Seni Tari di Kelompok B, Prosiding Pendidikan Guru PAUD, Volume 4, No.2, Tahun 2018, ISSN: 2460.
Fauzia, Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Ritmik Garuda, Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, Vol 5, No 2 (2018).
Jaya Indra. 2010. Statistik Penelitian Untuk Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Jaya Indra. 2018. Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Khadijah. 2015. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
. 2016. Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.
. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Moleong Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maisarah. 2018. Matematika & Sains Anak Usia Dini. Medan: Akasha Sakti.
. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Medan: Akasha Sakti.
Mandagi Mieke O. dan Putri Ni Luh. 2018. Asesmen Pembelajaran AUD dan TK. Perpustakaan Nasional: Katalog dalam terbitan.
M. Quraish Shihab. 2005. Tafsir Al-Misbah: pesan, kesan dan keserasian Al-Qur’an. Bandung: Mizan Media Utama.
Albani Nashiruddin Muhammad. 2007. Shahih Sunan Tirmidzi. Jakarta: Pustaka Azzam.
Yaumi Muhammad dan Ibrahim Nurdin. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences). Jakarta: Kencana.
Fadlillah M, dkk. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Permendikbud RI No. 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini Pasal 1.
Kiram Phil. H. Yanuar. 2019. Belajar Keterampilan Motorik. Jakarta: Prenada media Group.
Rusiadi. 2013. Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi. Medan: USU Press.
Tiara Shita, dkk. 2018. Statistika. Medan: Akasha Sakti.
. 2018. Statistika 2. Medan: Akasha Sakti.
Hartinah Sitti. 2008. Pengembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Refika Aditama.
Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyadi & Dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Musfiroh Tadkiroatun dan Hum M, Pengembangan Kecerdasan Majemuk PAUD 4404/Modul 1.
Andrianto Tuhana Taufiq. 2013. Cara Cerdas Melejitkan IQ Kreatif Anak. Jogjakarta:Katahati.
Hanafi Zakaria. 2019. Implementaasi Metode Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v12i2.2258
Refbacks
- There are currently no refbacks.