ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM MAKALAH MAHASISWA PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA UIN SUMATERA UTARA MEDAN

Amilia Sanggar Wati, Razita Dayana, Rina Devianty

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam menganalisis kesalahan berbahasa dalam penulisan makalah terhadap suatu karya mahasiswa, 2) meningkatkan kemampuan berpikir mahasiswa dalam dalam menganalisis kesalahan berbahasa dalam penulisan makalah terhadap suatu karya mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dengan cara mengamati kesalahan penggunaan huruf kapital, huruf miring, dan huruf tebal pada makalah karya mahasiswa. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi, sedangkan penyajian keabsahan data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, analisis dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kesalahan berbahasa yang terdapat dalam makalah karya mahasiswa berupa kesalahan ejaan bahasa Indonesia yang mencakup kesalahan penggunaan huruf kapital, huruf miring, dan huruf tebal. Dari hasil keseluruhan ditemukan kesalahan penggunaan berjumlah 18 kesalahan. Kesalahan pada pemakaian huruf meliputi kesalahan penggunaan huruf kapital sebanyak 8 kesalahan, kesalahan penggunaan huruf miring sebanyak 7 kesalahan, dan kesalahan penggunaan huruf tebal sebanyak 3 kesalahan. Kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia tersebut terjadi karena mahasiswa kurang teliti dan kurang memperhatikan penulisan yang baik sehingga masih terdapat kesalahan yang muncul pada penulisan makalah.

Kata kunci: analisis, kesalahan, makalah

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, R. (2019). “Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Baca, dan Penulisan Kata Pada Koran Mercusuar”. Dalam Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(4).

Indonesia, T.P.P.B. (2016). “Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia”. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Teks Ilmiah Mahasiswa”. Dalam AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 138-153.

Purnamasari, A. M., Magdalena, I., & Rosnaningsih, A. (2020). “Analisis Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas 4 SDN Binong Kabupaten Tangerang”. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1).

Putri, R., & Sudaryanto, M. (2020). “Kesalahan Berbahasa Indonesia Tulis pada Artikel Jurnal Spektrum Industri dan Kaitannya dengan Perkuliahan Penyuntingan”. Dalam Jurnal Lateralisasi, 8(2), 67-75.

Rulviana, V. (2020). “Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital pada Penulisan Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar”. Dalam Journal of Teaching dan Learning Research, 2(1), 1-6.

Rusanti, R., Fathurohman, I., & Pratiwi, I. A. (2022). “Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Siswa Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(2).

Sari, D. R. (2019). “Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) pada Kolom Opini Surat Kabar Serambi”. Dalam Jurnal Samudra Bahasa, 2(1), 25-31.

Supriani, R., & Siregar, I. R. (2012). “Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa”. Dalam Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 3(2).

Tussolekha, R. (2019). “Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Makalah Karya Mahasiswa”. Dalam AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 20(1), 35-43.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v12i2.1959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING