PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN BERBANTU PICTURE PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD SWASTA MUHAMMADIYAH 01 BINJAI

Liza Fadhliyani, Auffah Yumni, Risis Nurkholidah Rambe

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Mengetahui hasil Belajar IPA siswa tanpa menggunakan model pembelajara Kooperatif Tipe Time Token berbantu Picture Puzzle. 2). Mengetahui hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token berbantu Picture Puzzle. 3). Mengetahui pengaruh yang signifikan dalam menggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token berbantu Picture Puzzle.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan Quasi Eksperiment (eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 58 siswa. Kelas kontrol terdiri dari 29 siswa dan kelas eksperimen 29 siswa. Instrument test yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 15 soal yang telah di validkan  oleh dosen ahli dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas, homohenitas dan uji hipotesis. Temuan penelitian ini sebagai berikut Hasil belajar IPA pada kelas kontrol (V-A) dengan menggunakan metode konvensional diperoleh nil;ai rata-rata 37,45 sedangkan kelas eksperimen (V-C) dengan menggunakan Model pembelajaran Tipe Time Token berbantu Picture Puzzle diperoleh nilai rata-rata Post-test 85,7.

Kata kunci: Kooperatif, Time Token, Puzzle, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir, dkk. 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia Group.

Agung Widhi, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva buku.

Agus Krisno. 2016. Sintaks 45 model pembelajaran. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang Press .

Bahar, 2019. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle, Jurnal Publikasi Pendidikan : Volume 9 nomor 1.

Depdiknas. 2013. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Farida Nur kumala. 2016. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediide Infografika.

Mardianto, 2018, Psikologi Pendidikan. Medan : Perdana Publishing.

Masganti Sitorus. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Medan : IAIN Press.

Maunah, binti, 2014, Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Lingar Media Yogyakarta.

Nana Sujana, 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru.

Nana Sujdana, 2005. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : Remaja.

Nurmawati, 2016. Evaluasi Pendidikan Islami. Bandung: Citapustaka Media.

Omar Hamalik, 2005. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara.

Prof. Dr. H Tukiran Taniredja, dkk. 2011. Model-model pembelajaran inovatif. Bandung : Alfabeta.

Rosdakarya Nurdyansyah. Dkk, 2016. Inovasi Model pembelajaran. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.

Rosdiana. 2015. Dasar-dasar Pendidikan. Medan : CV Gema Ihsani.

Rusman, 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Kharisma Putera Utama.

Sri hayati, 2017. Belajar dan pembelajaran berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono.2016, Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2016. Managemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Syiva. 2014. 53 metode belajar dan pembelajaran. Bandung : Bumi Siliwangi.

Tim redaksi kamus Bahasa Indonesia. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v12i2.1637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING