PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP SIKAP SOSIAL PADA MATA PELAJARAN IPS MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 1 DAIRI

Eka Pratiwi Manihuruk

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pembelajaran daring pada kelas eksperimen berpengaruh terhadap sikap sosial siswadi kelas V di MIN 1 Dairi. (2) mengetahui sikap sosial siswa pada kelas kontrol dengan pembelajaran daring di kelas V di MIN 1 Dairi. (3) mengetahui pengaruh antara pembelajaran daring terhadap sikap sosial siswa kelas V MIN 1 Dairi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MIN 1 Dairi, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan angket dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 20 siswa dan kelas kontrol yang terdiri dari 20 siswa sehingga jumlah sampel keseluruhan sejumlah 40 siswa. Berdasarkan uji statistik pada data Post-test kelas kontrol dan eksperimen dengan nilai 67,0414 < 71,1812, kemudian dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi ((2-tailed) yaitu 0,002 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menerapkan pembelajaran daring, berpengaruh signifikan pada mata pelajaran IPS khususnya materi Perjuangan melawan penjajah daripada pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru yaitu pembelajaran langsung.

Kata Kunci : Sikap Sosial, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran IPS


Full Text:

PDF

References


Abdul, Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahmad. 2017. Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial, Jurnal Ijtimaiya (Journal of Social Science Teaching ),Vol. 1, No. 1.

Aprilia, Eka. 2015. Strategi Guru Dalam Membentuk Sikap Sosial Siswa Kelas 1 MIN Malang, Malang: UIN Malang.

Arifin dan Barnawi. 2014. Kinerja Guru Profesional ( Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Fatoni, Abdurrahman. 2011. Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Agama RI. 2019.“Al-Qur'an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019”, Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD)

Kuntarto. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Diperguruan Tinggi, Journal Indonesian Language Education and Literature,Vol. 3, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v12i1.1481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING