ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MIN 1 KAB. LABUHAN BATU UTARA

Syahrin Pasaribu, Siti Aisyah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan karena dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MIN 1 Kab. Labuhan Batu Utara pada mata pelajaran matematika, terkhususnya pada pembelajaran soal cerita matematika materi pecahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dan faktor penyebab kesalahan siswa dan bagaimana cara menanganinya dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Prosedur yang digunakan dalam analisis kesalahan siswa yaitu prosedur Newman. Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan siswa mengerjakan soal yang diberikan, wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif sehingga untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan teknik deskriptif kualitatif atau teknik non statistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai macam kesalahan yaitu, kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan perhitungan dan kesalahan penulisan jawaban. Terdapat juga 3 faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu, kesulitan memahami masalah, tidak memahami konsep dan operasi pecahan, dan karena lupa dan tidak teliti. Adapun upaya untuk meminimalisir kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yaitu, memperbanyak latihan dalam mengerjakan soal, memberikan soal cerita dengan bahasa yang lebih sederhana, dan juga dalam memberikan pembelajaran dengan penjelasan menggunakan alat peraga.

Kata Kunci : Kesalahan Siswa, Soal Cerita, Prosedur Newman

Full Text:

PDF

References


Fatahillah, Arif, dkk. 2017. “ Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan”. Jurnal: Kadikma. Vol. 8. No. 1.

Makmun, Abin Syamsuddin. 1998. “Psikologi Kependidikan”. Bandung: Rosdakarya.

Moleong, J. Lexy. 2017. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ruhyana. 2016. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika”. Jurnal Computech & Bisnis. Vol. 10. No. 2.

Trygun. 2020. Studi Literature Problem Based Learning Untuk Masalah Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Matematika. Jawa Barat: Guepedia.

Sriyanto. 2017. Mengobarkan Api Matematika. Jawa Barat: CV Jejak.

Suciati, Indah. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Operasi Hitung Pecahan Siswa Kelas V SDN Pengawu”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1, No.1.

Sugiono. 2018. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukayati. 2003.”Pecahan”. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.

Yayuk, Erna., dkk. 2018. Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v12i1.1479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING