STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DIKELAS V SD SWASTA ALWASHLIYAH KECAMATAN BERASTAGI KABUPATEN KARO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD Swasta Alwashliyah Kecamatan Berastagi, 2) Strategi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Swasta Alwashliyah Kecamatan Berastagi, 3) Faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Swasta Alwashliyah Kecamatan Berastagi, 4) Masalah yang dihadapi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Swasta Alwashliyah Kecamatan Berastagi. Penelitia ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wali Kelas dan Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi, sedangkan penyajian keabsahan data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, analisis dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Keterampilan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran sudah mulai dikembangkan dan sudah cukup baik. Guru sudah mampu menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi agar dapat memberikan semangat belajar siswa, menghindari kebosanan dan kejenuhan dalam proses belajar mengajar, 2) Penerapan strategi mengajar guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sangat berpengaruh dengan keaktifan siswa dan suasana belajar siswa di dalam kelas. Siswa cenderung lebih aktif untuk bertanya dan lebih sigap dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, 3) Adapun pendukung diterapkannya strategi pembelajaran adalah kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan guru, guru dengan guru yang berusaha mengembangkan kualitas mengajar yang baik dan saling berbagi informasi terbaru terkait hal tersebut, dan guru dimudahkan dalam mengelola kelas, 4) Adapun kendala yang dihadapi guru saat diterapkannya strategi pembelaajran ialah masih kurangnya pengatahuan guru tentang variasi strategi pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana sekolah dan masih kurangnya media pembelajaran.
Kata Kunci : Strategi, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPAFull Text:
PDFReferences
Ahmad Rulam. Pengentar Pendidikan Asas Dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta : Ar- Ruzz Media, 2014.
Azizah, Mira., Joko S dan Nyai C, Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013, Vol. 35 No.1 Tahun 2018.
Denim.Menjadi peneliti kualitatif Rancangan Metedologi, Presentasi dan Publikasi Hasil Penelitian Untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Sosial, pendidikan dan Humaniora, cet. 1. Bandung : CV. Pustaka Setia, 2002.
Ricky, Griffin. Manajemen edisi 7 Jilid 1, Jakarta : Erlangga, 2004.
Sanjaya Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group, 2006.
Sarjono, Internalisasi Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika,Jurnal Madaniyah, ISSN (Printed): 2086-3462 dan ISSN (Online): 2548-6993, Vol. 7 N0.2 Edisi Agustus 2-17.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Syahrum, Salim. (2011). Metode Penelitian Kualitati., Bandung: Cipta Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v12i1.1477
Refbacks
- There are currently no refbacks.