PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DIKELAS V UPTD SDN 165 SIANTONA

Muhammad Sholeh, Siti Nurkholiza

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kedisiplinan siswa dikelas V UPTD SDN 165 Siantona, (2) untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan siswa dikelas V UPTD SDN 165 Siantona , (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan kedisipinan siswa dikelas V UPTD SDN 165 Siantona. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu berupa data-data yang didapat baik berupa tertulis maupun lisan seseorang yang berkaitan subjek dalam penelitian ini ialah guru kelas, kepala sekolah dan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di UPTD SDN 165 Siantona. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Adanya tindak ketidakdisiplinan yang dilakukan siwa berupa sebagian a) siswa datang terlambat kesekolah, b) berpakaian yang tidak rapi, c) tidak mengerjakan pr .2) peran yang dilakukan guru dalam mengatasi dan meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu a) guru sebagai pembimbing, b)guru sebagai contoh atau teladan, c) guru sebagai penasehat, d) guru sebagai motivator. 3) faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dikelas V UPTD SDN 165 Siantona yaitu a) berasal dari orang tua siswa atau keluarga, b) lingkungan dan teman sepergaulan siswa.

Kata Kunci : Peran guru, Kedisiplinan siswa.


Full Text:

PDF

References


Akhamad Rofii. 2016. Kedisipinan Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Sekolah(Studi Kasus di SD Negeri Panasan Sleman). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 15 Tahun Ke-5. Diakses pada Tanggal 12 Mei 2019 pukul 14.00.

Anwar, Muhammad. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Devisi Kencana.

Ardini. Pupung Puspa. 2015. Penerapan Hukuman Bias Antara Menanamkan Disiplin dengan Nelakukan Kekerasan Terhadap Anak. Junal Pendidikan Usia Dini. Vol.9 Edisi 2. November 2015. Diakses pada tanggal 22 Mei 2019 pada pukul 11.20 WIB.

Imron, Ali. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kurniawan, Syamsul. 2014, Pendidikan Karakter Konsep& Implementasinya Secara Terpadu Dilingkungan Keluarga, Sekolah,Perguruan Tinggi&Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Naim, Ngainun. (2012). Character Building Optimalisasi Peran Pendidik dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wijani, Novan Ardy. (2013). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta:Ar-Ruzz.

Yasmin, Faizatul Lutfia., ,Dkk, 2016, Hubungan Disiplin dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa , Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume 1 No. 4, h.692.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v12i1.1476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING