PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Duma Sari Siregar, Salminawati Salminawati, Riris Nurkholidah Rambe

Abstract


Abstrak: Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tanpa menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script di MIS Bidayatul Hidayah 1 Percut Sei Tuan, 2. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Model Cooperative Script di MIS Bidayatul Hidayah 1 Percut Sei Tuan, 3. Pengaruh model Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MIS Bidayatul Hidayah 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design menggunakan dua kelas yaitu kelas yaitu eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan dari penelitian yang telah di laksanakan pada kelas IV MIS Bidayatul Hidayah 1 Percut Sei Tuan, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIS Bidayatul Hidayah 1 Percut Sei Tuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data diperoleh nilai pretes 53,33 dan postes 87 pada kelas Eksperimen, dengan selirih rata-rata kenaikan belajar 33,67. Sedangkan analisis data diperoleh nilai pretes 53 dan postes 75,67 pada kelas Kontrol, dengan selisih rata-rata kenaikan hasil belajar 22,67. Berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig. (2.tailed)<0,05(0,00<0,05).

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Script, Hasil Belajar Siswa

 


Full Text:

PDF

References


Aris, Shoimin. Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2014.

Idi, Abdul . Pengetahuan Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

NAI, Firmina Angela. Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK. Yogyakarta: Deepublish. 2017.

Nasution, Abdul Gani Jamora. “Pembelajaran Edutainment: Tinjauan Filosofis Pendidikan Islam”, dalam jurnal Ihyah Al-Arabiyah, Vol. 3 No. 2 tahun 2017. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1324

Nurmawati, Evaluasi Pendidikan Islami, Bandung: Citapustaka Media, 2016.

Rusman, Pembelajaran Tematik Terpadu, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Susilana, Rudi & Ritche Johan. Penelitian Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementrian Agama RI, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v11i2.1252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING