Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Kinemater Dimasa Pademi Covid-19
Abstract
Abstrak: Pandemi covid-19 melanda Indonesia sudah hampir dua tahun pandemi covid-19 berasal dari negara cina lebih tepatnya di uhan cina, pandemic covid -19 digadang-gadang merupakan penyakit yang mematikan, penyakit ini berupa virus yang bisa menular melalui benda yang di pegang dan berbicara secara langsung. Pandemi covid-19 menimbulkan keresahan bagi masyarakat, karena dari covid-19 menimbulkan barbagai dampak terhadap kehidupan di dunia, semenjak dunia dilanda musibah wabah penyakit yang di sebut dengan covid-19 semua aktifitas masyarakat di luar rumah terhenti, semua kegitan di pindahkan di rumah saja, lembaga yang sangat merasakan dampak dari covid-19 ini adalah sekolah sekolah yang dahulunya dilaksanakan secara tatap muka namun sekarang proses pembelajaran dikalukan secara daring atau online, selama pembelajaran online siswa tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, karena banyak fator yang menyebabkan terkendalanya siswa pada saat belajar, pembelajaran selama daring siswa atau bahkan mahasiswa mengikuti pemeblajaran melalui aplikasi yang terdapat di laptop atau smartphone saja. Pembelajaran pada masa pandemi ini tidak efektif dan kondusif, maka dari semua kendala proses selama pembelajaran tersebut guru dituntut aktif dalam menyampaikan materi supaya bisa memahami materi yang diajarkan, selain itu guru juga dituntut kreatif dalam pembuatan media pembelajaran untuk mata pelajaran matematik SD Negeri 13 bintunggan dan media yang dibuat oleh guru tersebut harus menarik agar siswa lebih tertarik dalam belajar dan membantu siswa memahami materi.dalam pembuatan media pembelajaran guru bisa memanfaatkan aplikasi yang sudah tesedia salah satunya yaitu aplikasi kinemaster. Untuk membut video pembelajaran untuk mempermudah siswa
Kata Kunci: KineMaster, Media Pembelajaran, Peserta Didik
Full Text:
PDFReferences
Anggarini, D. T. Upaya Pemulihan Industri Pariwisata Dalam Situasi Pandemi Covid -19. Jurnal Pariwisata, 8(1), 22–31, 2021. https://doi.org/10.31294/par.v8i1.9809
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47, 2016. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741
Benyamin, P. I. Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13–24, 2020 https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43
Budiyanti, E. Dampak Virus Corona Terhadap Sektor Perdagangan Dan Pariwisata Indonesia. Kajian Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, XII(4), 19–24, 2020 http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-4-II-P3DI-Februari-2020-219.pdf
Devid Saputra. A Rumor (Hoax) about Covid-19. Mau’idhoh Hasanah : Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 1(2), 1–10, 2020. https://doi.org/10.47902/mauidhoh.v1i2.69
Gide, A. PENERAPAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN DI ERA KENORMALAN BARU PADA DUNIA PAUD. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24, 1967.
Hay, S. I. COVID-19 scenarios for the United States. Nature Medicine, 2020. https://doi.org/10.1101/2020.07.12.20151191
Hasnah. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Jurnal Publikasi Pendidikan, II(2), 130–138, 2012.
Khaira, H. Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa,hlm. 39–44, 2021. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41218
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48, 2020. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44
Lanziotti, V. S., De Souza, D. C., & Marques, E. T. A. (2020). Coronavirus Disease 2019: Understanding Immunopathogenesis Is the “holy Grail” to Explain Why Children Have Less Severe Acute Disease. Pediatric Critical Care Medicine, 1022–1023. https://doi.org/10.1097/PCC.0000000000002513
Laily Amin Fajariyah. Projek CERDIG Berbasis Kinemaster, 2018.
Muharika, D., & Agus, F. R. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 80–86, 2019.
Nasution, Abdul Gani Jamora. “Pembelajaran Edutainment: Tinjauan Filosofis Pendidikan Islam”, dalam jurnal Ihyah Al-Arabiyah, Vol. 3 No. 2 tahun 2017. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1324
Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., & Syazali, M. Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 2017. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2028
Pujiasih, E. Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48, 2020. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Radhitya, T. V., Nurwati, N., & Irfan, M. Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 2020. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29119
Rajagukguk, M. Inovasi Penilaian Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 45–50, 2020. http://digilib.unimed.ac.id/41219/
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633, 2020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Siahaan, M. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. 2020. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
https://hot.liputan6.com/read/4467850/media-adalah-alat-untuk-menyampaikan-pesan-dan-informasi-ketahui-jenis-jenisnya
Wardani, A., & Ayriza, Y. Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. 2020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Wulandari, S., & Fitria Rahma, I. Efektivitas media video kine master terhadap hasil belajar matematika siswa secara daring. Jurnal Analisa, 7(1), 33–45. 2021. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.11956
Yamali, F. R., & Putri, R. N. Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384, 2020. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179
Yudianto, A. Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237, 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v11i2.1251
Refbacks
- There are currently no refbacks.