Analisis Karakter Sosial Siswa Kelas VIII Penggemar Korean Pop (K-POP) Dalam Menerapkan Nilai Pembelajaran IPS di SMP Negeri 43 Medan

Tiara Risnanti, Nasrul Syakur Chaniago, Fatkhur Rohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak minat terhadap K-pop terhadap karakter sosial siswa dan bagaimana pengaruh tersebut diterapkan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat terhadap K-pop membawa dampak positif dan negatif terhadap karakter sosial siswa. Dampak positif mencakup peningkatan empati dan kepedulian sosial, pengembangan keterampilan komunikasi dan kerja sama, peningkatan rasa kepemilikan dan identitas sosial, serta peningkatan keterlibatan sosial dan ekstrakurikuler. Siswa yang aktif dalam komunitas K-pop menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam mendukung dan memahami teman-teman mereka, berkomunikasi secara efektif, bekerja sama dalam tim, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2017). Sosilogi Komunikasi: Teori Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di masyarakat. Jakarta: Kencana.

Heru, N. (2013). Jurnal Pemikiran Sosial: Multikulturalismr dan Politik Anti Kekerasan. Vol.2. No.2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada. hal.4.

Ibrahim, I.S. (2004). Budaya Populer Sebagai Komunikasi. Yogyakarta: jelasutra. hal.12

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Remaja Rosdakarya.

Rismayani, dkk. (2020). Penanaman Sikap Sosial Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan IPS, Vol. 4 No 1.

Sakinah, Regina Nurul. (2022). Pengaruh Positif Fenomena K-Pop Teradap Karakter Generasi Muda di Indonesia. Jurnal on Education, Vol. 2 No 01, Hal 736.

Sugiyono. ( 2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yulia, Etikasari. (2018). Kontrol Diri Remaja Penggemar K-POP (K-POPERS) (Studi pada Penggemar K-POP di Yogyakarta). Jurnal on Education. Universitas Negeri Yogyakarta. hal. 190.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v3i2.3985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.